Tim Kelurahan Siaga dan Puskesmas Tanah Garam Lakukan Survey

Tim Kelurahan Siaga dan Puskesmas Tanah Garam Lakukan Survey

Solok, (InfoPublikSolok) – Pengurus Kelurahan Siaga Kelurahan VI Suku dan Tim dari Puskesmas Tanah Garam turun kelapangan, dalam rangka survey rumah yang tidak mempunyai septic tank demi terciptanya lingkungan bersih dan keluarga sehat, Senin (14/10/2019).

Survey lapangan tersebut dilakukan untuk memantau kondisi lingkungan permunkiman warga, guna terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat. Hasi survey lapangan yang dilakukan oleh Tim, masih ditemukan  rumah tangga yang tidak ada septic tank, saluran pembuangan limbah yang langsung ke selokan atau aliran sungai, pipa saluran pembuangan limbah yang pecah, selain itu juga ditemukan septic tank yang penuh dan melimpah ke luar.

Air limbah yang dibuang langsung ke saluran air/got akan mengakibatkan pencemaran dan berbau busuk yang berdampak pada kesehatan lingkungan dan warga sekitar.

“Saya sangat prihatin akan kondisi lingkungan yang tidak bersih dan sehat, dikarena pencemaran air limbah yang berdampak kesehatan masyarakat iru sendiri. Salah satu dampak dari masalah lingkungan tersebut, akan menimbulkan penyakit diare,” ujar Irda Wati Rambli selaku Ketua Pengurus Kelurahan Siaga Kelurahan VI Suku, Kecamatan Lubuk Sikarah, Kota Solok.

Dari hasil survey ke lapangan dapat di gambarkan kelurahan siaga sangatlah penting, karena Kelurahan siaga merupakan gambaran masyarakat yang sadar, mau dan mampu untuk mencegah dan mengatasi berbagai ancaman terhadap kesehatan masyarakat seperti kurang gizi, penyakit menular dan penyakit yang berpotensi menimbulkan Kejadian Luar Biasa (KLB), mensiagakan masyarakat untuk mencegah berbagai masalah kesehatan.

“Mari jaga lingkungan kita, untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat yang akan berdampak pada kualitas hidup dan kesehatan keluarga kita sendiri,” ajak Irda. (aa)

Tags: , , , , , , ,