Tim Kesenian Kota Solok Ikuti ‘Diplomatic Red Cross Bazaar’ di Bangkok

Tim Kesenian Kota Solok Ikuti ‘Diplomatic Red Cross Bazaar’ di Bangkok

Solok, (InfoPublikSolok) – Walikota Solok yang diwakili oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Jefrizal, melepas Tim Kesenian Sanggar Lubuak Nan Tigo ke ajang internasional, Rabu (27/2/2019) sore. Acara pelepasan yang dilaksanakan di Lobby Kantor Balaikota ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Pendidikan, Kabag perekonomian serta Ketua Bundo Kanduang Kota Solok.

Tim kesenian yang berjumlah sebanyak 9 (Sembilan) orang ini akan tampil untuk mengikuti kegiatan Diplomatic Red Cross Bazaar yang dilaksanakan pada tanggal 2 s/d 3 Maret 2019 bertempat di Paragon Hall Bangkok, Thailand. Kegiatan ini merupakan program amal (charity) tahunan dari Found Raising Bureau, The Thai  Red Cross Society. Bazar ini diikuti oleh perwakilan negara asing yang ada di Thailand serta sejumlah perusahaan besar di negara tersebut.

Pencapaian Sanggar Lubuak Nan Tigo tahun ini tentunya diperoleh setelah melalui beberapa tahapan seleksi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat beberapa waktu yang lalu. Berdasarkan hasil penilaian juri dan kurator seni yang ditujukan untuk pelaku seni pertunjukkan yang ada di Sumatera Barat ini telah menetapkan bahwa Sanggar Lubuak Nan Tigo merupakan salah satu sanggar yang memenuhi kriteria untuk tampil di ajang internasional.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok, Elvy Basri, dalam laporannya menyampaikan bahwa Kota Solok melalui sanggar Lubuak Nan Tigo dipercaya untuk mewakili Indonesia dan Sumatera Barat khususnya. Semua biaya dalam pelaksaan kegiatan ini ditanggung sepenuhnya oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat dalam kegiatan gelar karya ekonomi kreatif tersebut.

“Dinas Pariwisata akan senantiasa melakukan pembinaan pada pelaku-pelaku seni yang ada di Kota Solok. Semoga hal ini akan menjadi motivasi bagi sanggar-sanggar seni lainnya untuk terus maju dan berkembang. Kita selalu berharap semoga penampilan Tim Kesenian Kota Solok ke ajang internasional bisa terus berkelanjutan setiap tahunnya,”  harap Elvy saat menutup laporannya.

Dalam sambutannya, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembanguan, Jefrizal menyampaikan, pengiriman Tim Kesenian Kota Solok ke Thailand ini merupakan hal yang sangat membanggakan bagi pemerintah. “Event ini hendaknya dapat dimanfaatkan sebagai ajang promosi budaya dan pariwisata Kota Solok. Tentu saja hal ini akan menjadi tugas tambahan bagi para peserta disamping menyuguhkan penampilan kesenian yang menarik, juga dapat mempromosikan potensi-potensi yang dimiliki oleh Kota Solok,” tuturnya. (sn)

Tags: , ,