Tim Kesenian Kota Solok Ikuti Surabaya Cross Culture International Folk Art Festival 2019

Tim Kesenian Kota Solok Ikuti Surabaya Cross Culture International Folk Art Festival 2019

Surabaya, (InfoPublikSolok) – Pemerintah Kota Surabaya tahun ini kembali menggelar kegiatan Surabaya Cross Culture International Folk Art Festival. Kegiatan yang merupakan festival seni lintas budaya ini merupakan perhelatan untuk ke-15 kalinya dilaksanakan oleh Kota Surabaya.

Pemerintah Kota Solok yang diwakili oleh Tim Kesenian Kota Solok di bawah binaan Dinas Pariwisata ikut ambil bagian dalam event ini. Kegiatan yang digelar pada tanggal 21 s/d 25 Juli 2019 ini dikuti oleh perwakilan dari Uzbeskitan, Polandia, Rusia, Timor Leste, Thailand, Meksiko, Republik Ceko, Italia, Kota Busan dan Guangzhou.

Kota Solok merupakan salah satu dari 5 Kabupaten/Kota di Indonesia yang ikut terlibat pada perhelatan Internasional ini.

Pembukaan festival ditandai dengan pelaksanaan parade peserta di sepanjang Jalan Tunjungan hingga Balaikota Surabaya. Atraksi Silek Galombang yang ditampilkan Tim Kesenian Kota Solok pada saat parade berhasil memukau penonton yang hadir saat itu.

Kasi Promosi dan Pemasaran Pariwisata Kota Solok Desnimar, S.Sn yang ikut mendampingi peserta mengungkapkan bahwa keikutsertaan Tim Kesenian Kota Solok pada festival kali ini merupakan salah satu ajang promosi Kota Solok baik di dalam negeri maupun luar negeri karena peserta yang mengikuti kegiatan bukan hanya dari dalam negeri tetapi juga dari negara lain, ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Walikota Surabaya Dr. (H.C.) Ir. Tri Rismaharini, M.T juga memberikan cendramata yang diterima langsung oleh Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Solok Ratnawati, SH, MM.

Ratnawati yang ditemui setelah acara welcome dinner menyampaikan ucapan terimakasih atas sambutan yang diberikan oleh Pemerintah Kota Surabaya. “Semoga dengan event seperti ini dapat membangun hubungan baik dan kerjasama kedua daerah kearah yang lebih baik lagi. Dan kita berharap ini menjadi salah satu ajang promosi daerah sebagai upaya untuk menarik kunjungan wisatawan ke Kota Solok,” pungkas Ratnawati.

Pada kesempatan ini Tim Kesenian Kota Solok menyuguhkan “Tari Rono Alek” dan “Tari Marancah” yang mengundang decak kagum penonton dan para peserta dari luar negeri. Selain itu Tim Kesenian Kota Solok juga mengikuti serangkaian kegiatan lain yang telah disiapkan oleh diantaranya workshop, visit culture dan city tour. (sn)

Tags: , , , ,