Pansus DPRD Sumbar Kunjungi Kelompok Tani Gurun Bagan Saiyo

Pansus DPRD Sumbar Kunjungi Kelompok Tani Gurun Bagan Saiyo

 

SOLOK– Tim Panitia khusus(Pansus) DPRD Propinsi Sumatera Barat melakukan kunjungan ke kelompoktani Gurun Bagan Saiyo Kelurahan VI Suku Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok selaku penerima bantuan Gerakan Pensejahteraan Petani (GPP)dalam bentuk sapi tahun 2013, Rabu (20/1)

Tim yang dikomandoi Apris Yaman diterima ketua kelompoktani Gurun Bagan Saiyo Amrizal dan sekretaris Efrida, kedatangan tim Pansus itu juga didampingi kepala Dinas Pertanian Kota Solok Jefrizal dan jajarannya.

Kepada Pansus DPRD, Amrizal dan Efrida menjelaskan bahwa sapi yang diterima dari Dinas Peternakan Propinsi Sumatera Barat Juli 2013 lalu tidak sesuai dengan keinginan karena tidak sapi lokal sehingga sulit berkembang.

Awalnya, anggota kelompok sangat bergembira dengan adanya tawaran bantuan sapi melalui program Gubernur Sumatera Barat dimana satu petani 1 sapi sehingga dari 30 orang anggota kelompok hampir semua berkeinginan memelihara sapi, namun ketika sapi itu tiba di lokasi kelompok, ternyata bukan sapi lokasl melainkan sapi PO asal Lampung.

Mengetahui sapi PO asal Lampung, banyak anggota kelompok mengurungkan niat untuk memelihara karena berdasarkan pengalaman selama ini, sapi tersebut sulit untuk bunting, ditambah lagi kondisi sapi sangat kurus dan lemah.

Mau tidak mau, pengurus terpaksa mengelola dengan jumlah sapi 11 ekor, 1 jantan 10 betina, dalam perjalanan sapi itu mati 2 ekor, setelah 2 tahun memelihara ternyata sapi itu juga tidak bunting walau sudah dilakukan inseminasi Buatan (IB). Dari pada letih memeliharan namun tidak berproduksi akhirnya dijual 7 ekor. Hasil penjualan itu dibeli lagi sapi lokal.

Mendengar penjelasan itu, tim Pansus sangat memahamai kondisi sapi, logisnya kata Apris Yaman, memang sapi lokal sehingga mudah beradaptasi. Tim berkunjung kekelompoktani Gurun Bagan selaku penerima GPP untuk melihat secara dekat persoalan yang terjadi dan kenapa sapi tidak berkembang.

Kepada “infi publik”, Apris Yaman mengatakan, kedatangannya kekelompoktani penerima sapi GPP untuk melakukan pembinaan dan melihat langsung tentang bantuan yang disalurkan, Selain ke Gurun Bagan Saiyo juga ke Kacang Kabupaten Solok serta Solok Selatan. (Alfian)

Tags: