Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

22 Februari 2024

Tim Pemantau Keamaanan Pangan Pemko Solok Turun Lapangan

Tim Pemantau Keamaanan Pangan Pemko Solok Turun Lapangan

Solok (MC Kota Solok) –  Tim Pemantau Keamanan Pangan Pemerintah Kota Solok turun ke lapangan dalam rangka  pengambilan sampel terhadap sembilan jenis komoditi  sayur-sayuran yang ada di Pasar Raya Solok, Kamis (16/11).

Tim tersebut terdiri dari Dinas Pangam, Koperindag, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Satpol dan Damkar Kota Solok. Sampel diambil secara acak agar hasil pengujian mewakili keadaan sebenarnya. Sembilan sampel sayur yang dambil adalah cabe merah, seledri, tomat hijau, selada, sawi, lobak daun, bunga kol dan terung ungu.

Kabid Konsumsi, Penganekaragaman dan Keamanan Pangan Dinas Pangan Kota Solok, Ir.Yubidarlis mengatakan “Kegiatan ini bertujuan untuk pengawasan keamanan pangan segar, apakah ada mengandung residu pestisida pada sayuran segar yang bayak dikonsumsi masyarakat”, jelasnya.

Sampel yang telah diambil tersebut selanjutnya dikirim ke Laboratorium Pestida Balai Perlindungan Tanaman Pangan dan Holtkultura (BPTPH) Provinsi Sumatera Barat di Padang untuk diuji kandungan residu pestisidanya. Umumnya hasil pengujian akan keluar dalam 2 (dua) minggu setelah sampel sampai ke Padang. Hasil uji tersebut nantinya akan dipublikasikan ke masyarakat.

Kasi Keamanan Pangan Dinas Pangan, Sil Azhra, S.Gz mengatakan “Dengan kegiatan ini, diharapkan para pedagang dapat mengetahui bahwa ada batasan dalam penggunaan pestisida terutama untuk sayur dan buah segar. Bagi pedagang yang barang dagangannya terbukti kandungan pestisida diatas ambang batas akan dilakukan pembinaan terhadap pedagang yang bersangkutan”, ujarnya.

“Selain kegiatan uji sampel ini, kedepannya akan dilakukan sosialisasi tentang keamanan pangan segar kepada masyarakat”, kata Sil mengakhiri. (RA).

Tags: , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.