Tim Study Komparatif Kota Sawahlunto Kunjungi Agrowisata Payo

Tim Study Komparatif  Kota Sawahlunto Kunjungi Agrowisata Payo

Solok, (InfoPublikSolok) – Tahun 2017 melalui Dinas Pangan Provinsi Sumatera Barat dilaksanakan Program Aksi Nagari/ Kelurahan/ Desa Mandiri Pangan yang pelaksanaannya sampai Tahun 2021. Program ini dilaksanakan oleh 32 Nagari/ Kelurahan/ Desa se Sumatera Barat dimana untuk Kota Solok pelaksananya yaitu kelompok tani Koto Sejati – Payo Kelurahan Tanah Garam.

Tujuan program ini yaitu mengantisipasi dan mewujudkan penurunan tingkat kerawanan pangan dan gizi masyarakat melalui upaya bersama pemberdayaan masyarakat secara terintegritas untuk mencapai kemandirian pangan, meningkatkan kemampuan masyarakat dalam pengembangan usaha produktif berbasis sumber daya lokal, peningkatan ketersediaan, peningkatan daya beli dan akses pangan rumah tangga serta untuk memenuhi kebutuhan gizi. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menurunkan tingkat kerawanan pangan dan gizi masyarakat miskin di Kelurahan/ Nagari.

Payo merupakan salah satu daerah di Kota Solok dengan ketinggian > 700 MDpl. Ditinjau dari segi ketersediaan dan kesuburan lahan, Payo mempunyai potensi yang besar dalam hal pengembangan perekonomian masyarakat di sektor pertanian. Hal ini terbukti dengan kehidupan masyarakatnya yang pada umumnya bekerja sebagai petani.

Melihat adanya prospek yang besar guna mendukung program peningkatan kesejahteraan masyarakat, Pemda Kota Solok yang dipimpin duet Zul Elfian dan Reinier, secara bertahap mulai memberikan perhatian ke Payo dan akan diwujudkan sebagai salah satu destinasi Agrowisata Tahun 2020, dan sebagai pusat kunjungannya yaitu daerah Batu Patah-Payo.

Berbagai rangkaian kegiatan telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Solok, dan hal ini menjadi dasar bagi Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Sawahlunto, Hilmed dkk memilih Payo sebagai lokasi Study Komparatif  (Rabu, 4/9) yang tujuannya guna meningkatkan motivasi dan menambah pengetahuan serta wawasan bagi petani dan jajarannya  dalam rangka percepatan pelaksanaan Program Desa/ Nagari Mandiri Pangan.

Pertemuan rombongan DKP3 Kota Sawahlunto dengan Dinas Pangan, kelompok tani, Ketua KTNA, Koordinator Penyuluh, dan PPL ini dilaksanakan di Gedung Serbaguna Payo. Menurut Yurmiati yang mewakili Kadis Pangan, “Payo dalam tahap menuju destinasi Agrowisata. Mulai tahun 2017 sampai sekarang telah dilaksanakan serangkaian kegiatan guna mewujudkan cita-cita kita ini. Mulai tahap sosialisasi, survey lokasi oleh Tim ahli dari Balitbangtan dan Balithi Kementan RI, Balitbu tropika, Balitro dan BPTP yang sangat membantu dalam pembuatan Masterplan wilayah payo. Disamping itu semua OPD diarahkan untuk menganggarkan dana kegiatannya guna mendukung tujuan ini,” papar Kabid Konsumsi, Penganekaragaman dan Keamanan Pangan Dinas Pangan ini.

Sementara itu Kadis Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Sawahlunto menyampaikan mereka sangat bangga dengan Pemko Solok yang sangat memperhatikan kesejahteraan masyarakatnya melalui program ini. Hal ini menjadi contoh bagi Kota Sawahlunto yang juga ingin menjadikan daerahnya sebagai tujuan Agrowisata. Mengingat Kota Sawahlunto sebagian besar merupakan bekas pertambangan Batu Bara, akan menjadi kendala bagi mereka seandainya tidak direncanakan dengan matang dan diteliti oleh para Ahli dari Balitbangtan. Beliau minta agar Pemda Kota Solok bisa memberi mereka bentuk proposal yang dibuat dan Roadmap yang telah ada yang akan dijadikan sebagai bahan percontohan bagi mereka.

Ekspose terkait pelaksanaan pengembangan Nagari Mandiri Pangan disampaikan oleh Kasi Kerawanan Pangan, Fahlen Indriani yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Setelah melakukan rangkaian acara di Gedung serbaguna, rombongan dibawa menuju kawasan Agrowisata Batu Patah-Payo. Rombongan merasa sangat senang dan bahagia datang ke Payo dengan disuguhkan oleh mekarnya bunga Krisan yang berwarna warni yang ada di Green House dan sekitarnya.

Pada akhir sesi  Hilmed dan rombongan menyampaikan terimakasih dan sebelum berpisah dilakukan penyerahan plakat antar masing-masing Pemda Kota Sawahlunto dengan Kota Solok. (rab)

Tags: , , , , , ,