Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

22 Februari 2024

Tingkatan Kapabilitas APIP, Inspektorat Labuhan Batu Kunjungi Kota Solok

Tingkatan Kapabilitas APIP, Inspektorat Labuhan Batu Kunjungi Kota Solok

Solok, (Info Publik Solok) – Inspektorat Kabupaten Labuhan Batu Provinsi Sumatera Utara melakukan konsultasi dan sharing informasi terkait Teknis Pelaksanaan Pengawasan dan Pola Penugasan Fungsional PPUPD di Inspektorat Kota Solok, Rabu (25/01).

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka meningkatan Kapabilitas APIP (Aparat Pengawas Intern Pemerintah) khususnya kinerja jabatan fungsional PPUPD (Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Daerah).

Rombongan yang berjumlah tujuh orang ini disambut oleh Inspektur Kota Solok Kenfilka, SH. MH di ruang kerjanya dengan didampingi oleh Sekretaris Inspektorat, Rini Marlina, SST, M.Si, Irban I Firstralianof, SE, Irban II Okmel Derita, SE serta Fungsional Auditor dan PPUPD.

Tim dari Inspektorat Kabupaten Labuhan Batu menyampaikan tujuan dari kegiatan ini yaitu guna mengetahui gambaran pelaksanaan pengawasan di Inspektorat Kota Solok. Kemudian juga ingin mempelajari detail penugasan Fungsional PPUP, seperti PKP, KKP dan Laporan untuk kelengkapan angka kredit.

“Kota Solok saat ini sedang menyusun PKPT (Program Kerja Pengawasan Tahunan) Tahun 2023, dimana untuk tahun ini akan dilaksanakan PKPT berbasis risiko. Untuk Laporan Keuangan Pemerintah Kota Solok sudah memperoleh predikat WTP sebanyak 6 kali sejak Tahun 2016. Sedangkan Pelaksanaan Kapabilitas APIP Kota Solok sudah berada pada Level 3,” sampai Irban II Okmel Derita, SE pada saat pemaparan Inspektorat Kota Solok.

Terkait pola penugasan Fungsional PPUPD, saat ini dilakukan dengan pola kolaboratif dengan Fungsional Auditor. Untuk penilaian angka kredit Inspektorat Kota Solok sudah mempunyai Tim Penilai Angka Kredit. Tim Penilai yang ada sudah dapat melakukan penilaian untuk Fungsional PPUPD jenjang Pertama dan Muda, sedangkan jenjang madya penilaian dilakukan oleh Inspektorat Kementerian Dalam Negeri, “ tambah Drs. Syafrizal selaku PPUPD Madya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi antar sesama peserta dan Sebelum diakhiri dengan foto bersama, kedua OPD ini saling bertukar souvenir dan cenderamata antara Inspektur Kota Solok dengan Tim dari Inspektorat Kabupaten Labuhan Batu. (desra.h)

Tags: , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.