Tingkatan Kualitas Data Pendidikan Islam, Kemenag Sosialisasikan EMIS

Tingkatan Kualitas Data Pendidikan Islam, Kemenag Sosialisasikan EMIS

Solok, (InfoPublikSolok) –  Dalam  rangka  meningkatkan kualitas data pendidikan Islam yang dikelola melalui sistem pendataan EMIS (Education Management Information System), Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Solok  melalui seksi PAIS menyelenggarakan Sosialisasi  data Emis bagi Guru SD, SMP, SMA/ SMK se-Kota Solok yang bertempat di Aula Abu Bakar Siddiq  Kemenag  Kota Solok, Rabu ( 16/10)

Sosialisasi  Data Emis tersebut dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Solok H. Alizar,  dalam sambutannya mengatakan bahwa  Data Emis  merupakan  kemajuan  pendidikan dimasa akan datang.

Alizar meminta peserta   yang merupakan tenaga pendidik  untuk  selalu  mencintai pekerjaan, karena  tujuan  utama dari pekerjaan   adalah meraih  kesuksesan dan mewujudkan segala  keinginan tercapai, kuncinya  agar terhindar dari ke sia-siaan tersebut  cintailah  pekerjaan, bila akan mencintai pekerjaan  semua akan dilakukan dan penuh ketulusan  serta keikhlasan
“Cintai pekerjaaan,  pahami pekerjaan yang dilakukan dan  pahami  regulasi  yang berlaku  serta  tepat pada waktunya” tegas Alizar.

Alizar menambahkan, apabila menyinggung   Emis berarti itu adalah data, semua aspek bergerak dari data. Data landasan pembangunan nasional, yang memiliki relevansi dalam pendidikan  memiliki data yang lengkap,  semua bergantung pada data.  Data selalu dinamis sesuai situasi dan kondisi yang berlaku. Setiap tahun membuat perencananaan yang dibutuhkan pertama kali adalah data.

Selanjutnya Alizar mengatakan, peran strategis data EMIS PAI adalah mengetahui kualifikasi pendidikan dan kompetensi guru dan Pengawas PAI, memperkirakan kebutuhan anggaran untuk program sertifikasi, tunjangan profesi, tunjangan fungsional, pelatihan guru dan pengawas, merencanakan pengembangan wawasan PAI bagi siswa sekolah.

“Maka dari itu manfaatkanlah kesempatan ini,  karena untuk mendapatkan data yang update membutuhkan sebuah kerja yang konsisten dan serius. Di gelarnya Sosialisasi Data Emis diharapkan mampu membawa perubahan  dan menjawab segala permasalahan yang berkaitan tentang data,” tambah   Alizar  mengakhiri arahannya.

Pada kesempatan yang sama Kasi PAIS, H. Amril  mengatakan bahwa  dengan adanya kegiatan sosialisasi Data EMIS ini, yang diikuti oleh 50 peserta terdiri dari  Guru SD, SMP, SMA/ SMK se Kota Solok, diharapkan mampu memberikan solusi dari problematika data EMIS sehingga ke depan tersedia data pendidikan Islam yang handal, lengkap, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Guru-guru  PAI  haruslah  selalu melakukan update data secara periodik agar data EMIS senantiasa menjadi terbarukan dan  dapat diandalkan,” kata Amril. (hd)

Tags: , , , , , ,