Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

22 Februari 2024

Tingkatkan Kapasitas Kelompok Siaga Bencana (KSB) Melalui Jambore PRB

Tingkatkan Kapasitas Kelompok Siaga Bencana (KSB) Melalui Jambore PRB
Posted by:

Mentawai, (InfoPublikSolok) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat adakan kegiatan tahunan yaitu kegiatan Jambore Penggurangan Resiko Bencana (PRB) yang diadakan tiap tahunnya di Kota Kabupaten yang berbeda. Setiap tahunnya kegiatan ini diadakan di daerah yang berbeda.

Untuk tahun ini kegiatan PRB yang ke VI diadakan di Kepulauan Mentawai tepatnya di Mapadegat, yang berlangsung dari tanggal 22 s/d 26 Juli 2019. Jambore Pengurangan Risiko Bencana ini diikuti oleh seluruh Kelompok Siaga Bencana (KSB) di bawah naungan BPBD Kota/ Kabupaten se-Sumatera Barat.

Setiap Kota Kabupaten mengirimkan satu kontingen dengan jumlah anggota 15 orang. Kota solok juga ikut serta dalam kegiatan ini mengirimkan satu kontingen yang didampinggi langsung Kepala Pelaksana BPBD Kota Solok Bapak Kenfilka, SH, MH dan Agus Susanto, SH selaku Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan.

Jambore PRB merupakan suatu kegiatan yg dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas penanggulangan bencana. Adapun kegiatan yg dilakukan yaitu sosialisasi dan peran KSB dalam suatu Daerah, penguatan mengenai kapasitas KSB, Pertolongan Pertama Gawat Darurat, Evakuasi Mandiri dan Management Posko saat Bencana, dan yang lainnya.

Melalui kegiatan ini nantinya diharapkan Kelompok Siaga Bencana (KSB) mampu meningkatkkan kapasitas penanggulangan bencana terutama di daerah masing-masing. Tidak hanya itu, diharapkan juga agar KSB bisa memberikan sosialisasi kepada masyarakat setempat tentang penanggulangan bencana dan evakuasi mandiri saat bencana terjadi. (ma)

Tags: , , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.