Tingkatkan Keimanan Siswa, MIN Kota Solok Gelar Pesantren Ramadan

Tingkatkan Keimanan Siswa, MIN Kota Solok Gelar Pesantren Ramadan

Solok, (InfoPublikSolok) – Pesantren  Ramadhan merupakan tempat belajar, menambah ilmu pengetahuan khususnya ilmu agama, untuk meningkatkan ketaqwaan peserta didik kepada Allah SWT.

Meski hanya selama dua hari, namun peserta didik dapat mempelajari tiga materi, yakni praktek shalat jenazah, tadarus dan menghafal ayat-ayat Alquran.

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Kantor Kementeriaan Agama Kota Solok, Afrizen saat membuka kegiatan Pesantren Ramadhan di MIN Kota Solok, Jumat (17/5/2019).

Kakan Kemenag yang didampingi oleh Kepala MIN Kota Solok Joni, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Madrasah beserta jajarannya atas telah terlaksananya kegiatan Pesantren Ramadan ini.

“Kepada peserta bahwa belajar bagi santri-santri saat ini bagaikan mengukir diatas batu, kalau sudah dewasa bagaikan mengukir diatas air, artinya masa-masa sekarang belajar akan selalu teringat dan ilmu yang dipelajari sangat berguna di masa yang akan datang,” ujarnya.

Apalagi hakikat kehidupan tidak ada yang kekal, kata Afrizen. Mempelajari praktek shalat jenazah dari proses memandikan, mengafani, menshalatkan dan menguburkan, sangat bermanfaat sekali.

“Apa yang diajarkan kepada peserta didik kita, akan sangat berarti bagi mereka, pandu dan ajari mereka ilmu agama. MIN Kota Solok satu-satunya di Kota Solok, antusias masyarakat yang ingin menyekolahkan anaknya sangat besar, karena mereka mencari  sesuatu yang beda dari  sekolah lain,” kata Afrizen kepada ustadz dan ustadzah pemandu kegiatan Pesantren Ramadhan.

Sementara itu, Joni Kepala MIN Kota Solok, dalam laporannya mengatakan tujuan dilaksanakan pesantren ini adalah untuk mengisi waktu setelah pelaksanaan ujian semester dua dan sekaligus bertepatan pada bulan puasa. Hal ini untuk meningkatkan keimanaan dan ketaqwaan serta berbudi pekerti luhur dalam bentuk aktualisasi pembiasaan hidup beragama.

Peserta pesantren ini  menurut Joni,  hanya kelas 4a dan 4b saja dengan jumlah 90 siswa, Pesantren dilaksanakan selama dua hari yakni  tanggal 17 dan 18 Mei 2019, siswa-siswi dipandu oleh ustadz dan ustadzah untuk optimalnya mereka dibagi dengan 6 kelompok dan materi yang diajarkan Praktek Shalat Jenazah, Tadarus,  Menghafal Ayat-ayat Alqur’an dan ditutup dengan Muhasabah. (hd)

Tags: , , , , ,