Tingkatkan Kesadaran Bela Negara, Dispora Gelar Pelatihan Bagi Pemuda

Tingkatkan Kesadaran Bela Negara, Dispora Gelar Pelatihan Bagi Pemuda

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Solok melalui Bidang Pemuda menggelar pelatihan bela negara bagi generasi muda bertempat di Aula Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Solok, Selasa (23/7).

Walikota Solok, Zul Elfian secara resmi membuka kegiatan pelatihan bela negara bagi generasi muda se-Kota Solok yang berlangsung selama dua hari (23 s/d 24 Juli 2019).

Pelatihan ini mengambil tema ‘Kesadaran Bela Negara dalam rangka Membangun Karakter Bangsa bagi Pemuda’. Turut hadir dalam pembukaan pelatihan, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Dodi Osmond, Kepala Seksi Pemberdayaan Kelembagaan Pemuda, Jon Rifanos, Kepala Seksi Kepemudaan dan Kepeloporan, Ochtavia Sulastri yang juga bertindak sebagai Ketua Pelaksana pelatihan.

Panitia pelaksana dalam laporannya menyampaikan kegiatan pelatihan ini dilakukan untuk meningkatkan rasa cinta akan tanah air bagi pemuda dengan cara bela negara. Kegiatan tersebut diikuti oleh 140 orang peserta yang berasal dari 65 orang dari Kelurahan, 35 orang dari SMA/ sederajat, 20 orang Organisasi Kepemudaan, 10 orang Remaja Mesjid dan 10 orang dari Badan Eksekutif Mahasiswa.

“Selain itu tujuan kegiatan ini mempersiapkan bagaimana pemuda menghadapi tatanan bernegara,” tambah Ochtavia.

Pada kesempatan itu, Walikota Solok Zul Elfian dalam sambutannya memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini. Pelatihan bela negara ini merupakan suatu upaya dilakukan pemerintah untuk memacu pemuda mencintai tanah airnya.

Zul Elfian berharap, kegiatan ini dapat diikuti oleh peserta sebaik dan secermat mungkin. “Mari kita jaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini. Maju mundurnya suatu negara tergantung bagaimana kehidupan berbangsa pemuda itu sendiri,” tutup Zul Elfian.

Untuk kegiatan ini, narasumber yang dihadirkan merupakan orang-orang yang ahli dibidangnya diantaranya dari Korem 03 Wirabraja Sumtera Barat, Kolonel. H. Sugiono, SH, M.Si, Tokoh Pemuda Sumbar, Marzul Veri dan Akademisi dari Universitas Negeri Padang (UNP), Dr. H. Indang Dewata, M.Si. (ep)

Tags: , , , ,