Tingkatkan Pengelolaan IPS dan KS, Kominfo Gelar Evaluasi Bersama Kontributor

Tingkatkan Pengelolaan  IPS dan KS, Kominfo Gelar Evaluasi Bersama Kontributor

Solok (Info Publik Solok) – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) adakan Evaluasi Tim Pengelola Website Info Publik Solok (IPS) dan Kaba Sakola (KS) Kota Solok Tahun 2019 di Aula Kelurahan Nan Balimo, Jum’at (6/12). Kegiatan ini dipimpin oleh Sekretaris Diskominfo, Lusya Adelina yang didampingi oleh Kasi Pengelolaan Media dan Komunikasi Publik, Asmardi, dan anggota redaksi IPS beserta jajarannya.

Dalam sambutannya Sekretaris Lusya Adelina menyampaikan, ” Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka diskusi terkait dengan pengelolaan website infopubliksolok dan rencana kedepan ditahun 2020 nanti juga akan ada website kabasakola untuk siswa-siswi di sekolah yang bertujuan untuk menyalurkan minat dan bakat masing-masing berupa puisi, cerpen, artikel dll.

” Kita akan bekerja keras untuk kedepannya, mengutamakan kualitas bukan kuantitas berita agar pemberitaan yang ada di IPS lebih baik sehingga selanjutnya bisa masuk ke website infopublik.id dan tujuan website kabasakola ini adalah bagaimana pemanfaatan kreatifitas siswa untuk artikel/ tulisan terkait eskul dengan ketentuan dari Tim Redaksi dimana Data sebagai informasi untuk masyarakat berhak tahu dan kaba sakola butuh wadah untuk kegiatan sekolah yang bersifat lomba, kerjasama / kegiatan osis lainnya yang berupa hasil tulisan atau karya ilmiah siswa-siswi pendidikan di sekolah dan kampus, bukan reporter saja, ” tambah Lusya.

” Meningkatkan kualitas berita yang selektif bukan yang bersifat seremonial seperti berita keluar daerah ataupun pencitraan. Dalam kesempatan ini juga dijelaskan tata naskah dalam pemberitaan yaitu : berita yang di kirim sesuai dengan data yang bermanfaat sesuai fakta, jelas, dan benar, berita yang dikirim berupa tulisan dari karya kontributor sendiri, berita yang telah dikirim ke redaksi baik yang di publis atau tidak layak publis akan menjadi hak tim redaksi dan berita di prioritaskan untuk kegiatan OPD yang terkait dari kontributor OPD masing-masing tetapi jika tidak ada maka Tim Redaksi akan menerbitkan berita dari kontributor lain, selanjutnya berita yang terkait dalam rangkaian kegiatan OPD tema yang sama namun waktu dan tempat yang berbeda-beda maka tim redaksi berhak memilih atau menentukan mana yang lebih berhak untuk diterbitkan, ” terang Dedy Masry.

” Kirimlah berita sesuai dengan ketentuan yang telah di tetapkan seperti judul berita yang menarik perhatian pembaca, jumlah kata dalam berita minimal 250 kata, dan foto berita sesuai ukuran yang ditentukan,” ujar Beny salah seorang editor.

” Saya sangat bersemangat dengan adanya kegiatan ini apalagi menyangkut tentang website kabasakola yang memuat berita tentang sekolah, namun berikanlah ruang juga untuk guru yang mempunyai bakat menulis serta berikan tabulasi untuk berita terbaik bukan terbanyak, ” saran salah seorang kontributor IPS dari SMP 4.

Semoga dengan adanya evaluasi ini, diseminasi informasi pemerintah melalui portal info publik solok dan kaba sakola dapat semakin eksis dan menjadi sumber informasi terdepan di Kota Solok. (eg)

Tags: , , , , , , ,