Tingkatkan Pola Hidup Sehat, Dinas Kesehatan Ajak ASN Giat Berolahraga

Tingkatkan Pola Hidup Sehat, Dinas Kesehatan Ajak ASN Giat Berolahraga

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas kesehatan adakan sosialisasi kesehatan olahraga bagi aparatur sipil negara (ASN) se-kota Solok, Selasa (10/3/2020) di aula Dinas Kesehatan Kota Solok. Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok Ambun Kadri, Kepala Seksi Kesling Kesja OR Despa Wildawati, beserta staf. Acara ini juga dihadiri oleh perwakilan dari masing-masing OPD, serta Camat  dan Lurah se Kota Solok yang berjumlah sebanyak 40 orang. Adapun narasumber pada kegiatan ini dr. Pudia M. Indika M.Kes, AIFO-K, dari Fakultas Ilmu Keolahragaan UNP Padang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok Ambun Kadri dalam sambutannya menyampaikan, sehat merupakan kebutuhan semua orang. Dengan sehat dapat menyelesaikan tugas dengan baik, banyak cara untuk mendapatkan kesehatan salah satunya dengan berolahraga. Berolahraga merupakan salah satu yang harus dilaksanakan jika seseorang ingin sehat, namun masih banyak yang belum mengetahui cara berolahraga yang baik dan bagaimana memilih olahraga yang baik. Dalam melakukan olahraga yang baik harus terencana sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.

“Dari hasil pemantauan program pengendalian penyakit tidak menular di 30 posbindu didapatkan kurang lebih 65 % masyarakat umur 15-59 tahun mengalami kelebihan berat badan akibat kurang aktivitas fisik dan pola makan yang salah. Berdasarkan hasil pendataan PHBS yang dilakukan oleh petugas promosi, indikator melakukan aktivitas fisik masih belum mencapai target (hasil 88% dari target 100%). Oleh karena itu maka dianggap perlu program pengembangan kesehatan olahraga untuk bersinergi dengan program pengendalian penyakit tidak menular dan promosi kesehatan agar upaya kesehatan masyarakat dapat tercapai”, lanjut Ambun.

Narasumber Sosialisasi dr. Pudia M. Indika menjelaskan Olahraga yang baik merujuk pada jenis, tata cara dan waktu pelatihan. Jenis olahraga yang baik adalah olahraga yang disesuaikan dengan kondisi partisipan dan waktu olahraga yang baik adalah waktu ketika temperatur lingkungan tidak terlalu ekstrim. Olahraga yang benar merujuk pada gerakan yang dilakukan saat melakukan latihan, Memiliki urutan latihan yang benar yaitu Pemanasan, Latihan Inti dan Pendinginan, lakukan aktivitas fisik atau olahraga yang sifatnya aerobik (zumba) dengan teratur, terencana dan terus menerus dengan beban latihan sedang atau rendah serta dilakukan 3-5 kali perminggu selama 30-60 menit. Olahraga aerobik dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran jasmani daya tahan, kekuatan otot, kelenturan, meningkatkan mental dan percaya diri serta memperlambat proses penuaan sehingga tetap produktif dan optimal dalam tugas sehari-hari, jelasnya.

Acara selanjutnya diisi dengan sesi tanya jawab dengan peserta sosialisasi. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan derajat kesehatan dan kebugaran jasmani masyarakat, melalui aktivitas fisik atau latihan fisik dan olahraga yang baik dan benar, terukur dan teratur untuk memperoleh sumber daya manusia yang berkualitas dan produktif. (es)

.

 

 

 

 

Tags: , , , , , , , , , ,