Tingkatkan Profesional Wasit, BAPOPSI Kota Solok Kembali Mengadakan Pelatihan

Tingkatkan Profesional Wasit, BAPOPSI Kota Solok Kembali Mengadakan Pelatihan

Padang, (InfoPublikSolok) – Wakil Walikota Solok Reinier, ST, MM buka secara resmi kegiatan Training Psikologi Wasit untuk 10 Cabang Olahraga (Futsal, Bulutangkis, Tarung Derajat, Karate, Bola Volly, Tenis Lapangan, Basket, Sepak Bola, Kempo dan Pencak Silat) yang diselenggarakan oleh Badan Pembina Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia (BAPOPSI) Kota Solok bekerjasama dengan Kemenpora RI, bertempat di The Axana Hotel Padang, Senin (3/12/2018) malam, diikuti oleh 30 orang wasit, terdiri dari 3 orang setiap cabang.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperbanyak jumlah wasit yang pontensial khususnya 10 cabang tersebut serta dalam rangka menjaring wasit yang berkompenten dan bersikap netral serta adil. Pelatihan ini merupakan kegiatan kedua yang dilakukan oleh BAPOPSI Kota Solok sejak pertama terbentuk bulan Oktober lalu yang sumber pendanaannya dari Kemenpora RI.

Sebelumnya telah melakukan kegiatan pelatihan Pelatih untuk 3 cabang olahraga (Futsal, Bulutangkis dan Pencak Silat) minggu lalu. Pelaksanaan pelatihan ini dilakukan tiga hari dari tanggal 3 s.d 5 Desember 2018, dengan materi yang akan dibimbing oleh narasumber dari FIK Universitas Negeri Padang.

Pembukaan pelatihan ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Barat yang diwakili oleh Kepala Bidang Olahraga, Rasydi Sumetri, S.Pd, M.Pd, Narasumber dari UNP, Dr. Tjung Hauw Sin, M.Pd. Kons, Ketua BAPOPSI Kota Solok, Drs. Dodi Osmond, M.Si dan Ketua Harian KONI Kota Solok, Nofrizal, SE.

Wakil Walikota Solok dalam sambutannya berharap pelatihan ini dapat menghasilkan wasit berkualitas dan berkompeten bagi Kota Solok, selain itu juga untuk meningkatkan jam terbang bagi wasit di Kota Solok tentang update perkembangan peraturan perwasitan.

“Saya tekankan kepada peserta untuk menyerap semua ilmu yang disampaikan oleh narasumber agar kedepannya dapat bermanfaat bagi perkembangan dunia olahraga di Kota Solok,” tutur Wawako.

Drs. Dodi Osmond, M.Si selaku Ketua BAPOPSI Kota Solok menegaskan kegiatan ini diselenggarakan untuk meningkatkan kompetensi wasit di Kota Solok, sejalan dengan tema pelatihan ini yaitu pertandingan yang berkualitas lahir dari tangan wasit yang memiliki sikap mental yang profesional.

“Kita patut bersyukur karena ini kegiatan kedua yang dilakukan oleh BAPOPSI Kota Solok sejak berdiri bulan Oktober lalu,  Narasumber yang kami hadirkan merupakan pakar dan akademisi di bidang olahraga, Kita harapakan para peserta mampu menyerap ilmu yang diberikan dan mengikuti kegiatan ini dengan serius sampai akhir,” harap Kadispora.

Pada kesempatan itu, Hendri Oswara, salah satu peserta pelatihan dari cabor Kempo mengaku kegiatan ini merupakan terobosan yang bagus dari BAPOPSI Kota Solok. “Sebelumnya, Saya belum pernah mengikuti pelatihan semacam ini, khususnya dibidang psikologi perwasitan, Saya sangat gembira pelatihan mental wasit ini diadakan untuk meningkatkan kualitas wasit di Kota Solok,” kata dia. (ep)

Tags: , , , ,