Kominfo Uji Skill Calon Tenaga Ahli Bidang TIK

Kominfo Uji Skill Calon Tenaga Ahli  Bidang TIK

Solok, (InfoPublikSolok) – Setelah minggu lalu menggelar pelaksanaan tes TKD bagi calon Programmer dan Administrator Server/ Database, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Solok kembali melaksanakan Tes Kemampuan Bidang (TKB).

Pada sessi pagi ini, tepat pukul 09.00 WIB sebanyak 10 orang akan berkompetisi agar dapat mengikuti tahapan selanjutnya. setiap peserta diberikan masing masing 1 PC/Laptop disertai lembaran soal yang telah disiapkan oleh Akademisi dari UNP. peserta yang terdiri dari 5 orang laki-laki dan 5 orang perempuan ini tampak serius mengerjakan soal tersebut.

Suara Tuts Keyboard dan Klik mouse pun seolah berpacu dengan waktu yang diberikan panitia untuk mereka membuat sebuah aplikasi. Pantauan awak redaksi IPS dari lokasi tes, suasana tegang dan serius hampir terlihat pada wajah para peserta yang terus berusaha mengentry kode kode dalam bahasa pemrograman untuk merancang sebuah aplikasi sederhana dan fungsional. 120 menit waktu yang diberikan sepertinya kurang, sebagian peserta keluar dengan senyum tipis dan sebagian sepertinya kurang puas dengan segenap kemampuan yang telah mereka coba praktekkan di perangkat tadi.

Seorang peserta yang ditemui awak IPS di pintu keluar menyampaikan, “Soalnya tidak banyak, cuma satu soal yang berisi perintah untuk membangun sebuah website tentang data sekolah Dinas Pendidikan Kota Solok, butuh sedikit kemampuan ekstra terutama dalam hal coding dan membuat tabel tabel serta isian sesuai perintah soal, jika salah dalam proses kerja maka akan berdampak pada hasil akhir, disini kami peserta harus jeli dan teliti dalam mengerjakan soal ini,” ujar salah satu peserta ujian TKB Tenaga Programmer.

Terkait pelaksanaan ujian TKB, Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika Dinas Kominfo, Feri Agriadi, mengatakan bahwa untuk pembuatan soal diserahkan sepenuhnya kepada tim akademisi dari UNP.

“Khusus calon tenaga Programmer ini sebelumnya telah diberikan kisi-kisi (bayangan) soal yang akan mereka kerjakan nantinya, dari 10 orang peserta pagi ini akan dirangking dan hanya 5 terbaik yang akan melangkah ke tahapan akhir yaitu wawancara,” jelas Feri Agriadi.

Selanjutnya pada pukul 13.30 Wib kembali digelar TKB bagi peserta calon Admin Server/Database yang juga diikuti oleh 10 orang dengan komposisi 4 orang perempuan dan 6 orang laki laki. Berdasarkan pengamatan, peserta sesi kedua tampak serius sejak awal Panitia memberikan perintah untuk mulai mengerjakan soal, dan suasana hening kembali begitu terasa di ruang rapat Bappeda ini.

Sekitar 30 menit waktu berjalan ada seorang peserta yang telah keluar ruangan dan ternyata yang bersangkutan merasa tidak sanggup untuk melanjutkan pengerjaan soal. Untuk sesi kedua ini juga sama hanya akan diambil 5 terbaik untuk mengikuti proses wawancara.

Pada evaluasi sore harinya ketika pelaksanaan tes telah selesai, tim Akademisi yang diwakili oleh Drs. Denny Kurniadi, M.Kom menyampaikan secara keseluruhan telah tergambar kemampuan yang dimiliki para peserta.

“Hasil penilaian hari ini akan kami serahkan kepada panitia seleksi yang akan menjadi dasar untuk tes wawancara. Kami berharap kedepan semoga hasil dari semua tahapan ini bernilai guna bagi pengembangan aplikasi di Solok dan ikut berkontribusi dalam implementasi Solok Smartcity, semoga Kominfo mendapatkan Programmer dan Admin Server yang benar-benar handal,” tutup Dosen senior Teknik Informatika UNP ini.

Pengumuman hasil TKB ini serta informasi mengenai tes selanjutnya dapat peserta lihat di www.solokkota.go.id dan portal berita Info Publik Solok (IPS) sebagai media resmi pemberitaan dan informasi milik Pemko Solok. (eg)

Tags: , , , ,