TP-PKK Provinsi Lakukan Penilaian Terhadap UP2K Kartini Berkah Bersama Kelurahan Nan Balimo

TP-PKK Provinsi Lakukan Penilaian Terhadap UP2K Kartini Berkah Bersama Kelurahan Nan Balimo

Solok, (InfoPublikSolok) – Tim Penilai dari TP-PKK Provinsi melakukan kunjungan dalam rangka penilaian Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Kartini Berkah Bersama Kelurahan Nan Balimo yang bergerak dibidang usaha produk makanan ringan khas Solok.

Acara yang dimulai dengan pembukaan di Balairung 99 di Rumah Dinas Wali Kota Solok sekaligus penyampaian ekspos yang dibacakan oleh Ketua TP-PKK Kelurahan Nan Balimo, Ny. Febriana Rahman Hidayu dan dilanjutkan dengan kunjungan ke lokasi UP2K Kartini Berkah Bersama, Kamis (21/3/2019).

Kegiatan peninjauan/kunjungan yang dilakukan oleh dua orang tim penilai dari Pokja II TP-PKK Provinsi, Lurah Nanbalimo Rahman Hidayu, S.IP, Ketua TP-PKK Kelurahan Nan Balimo beserta anggota. Kedatangan tim penilai disambut di lokasi oleh Pokja II PKK Kota Solok, Ketua RW 05 Onrijalis, Ketua RT 03 Alyusbar, anggota Poklak Nan Balimo serta anggota Poksus Nan Balimo.

Tim penilai Pokja II provinsi diwakili Ny. Hazima yang juga merupakan seorang wirausaha menyampaikan aspek-aspek yang akan dinilai. Penilaian yang akan dilakukan bukan hanya berupa hasil, namun juga melihat kepada input-proses-output yang dihasilkan dari kegiatan. “Hal ini bertujuan agar semua kegiatan usaha tercatat serta terlihat seperti apa perkembangan usaha yang dijalankan serta sejauh mana pengaruhnya terhadap pendapatan keluarga,” ungkap Ny. Hazima

Lebih lanjut, Ny. Hazima menyampaikan bahwa yang dilihat dari segi administrasi adalah buku kas, buku iuran dan buku perkembangan karena dari buku tersebut dapat dilihat input-proses-output. Selain itu juga ditinjau pembinaan yang dilakukan, pengembangan jejaring penjualan serta pengembalian modal.

Proses penilaian berlangsung sekitar 2,5 jam mulai pukul 13.00 sampai 15.30 WIB. Dalam penilaian, kedua penilai menyatakan bahwa pembukuan UP2K Kartini Berkah Bersama sudah benar, namun pemahaman terhadap pembukuan masih perlu ditingkatkan lagi.

Tim penilai menyarankan mengenai peminjaman modal usaha serta inovasi dan kreatifitas dalam usaha. Mengenai modal, kedua penilai menyarankan untuk melakukan peminjaman kepada BAZNAS serta LP2M Kota Solok.

Saat ditemui setelah kegiatan berlangsung, Lurah Nan Balimo, Rahman Hidayu mengungkapkan bahwa penilaian ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi dalam peningkatan UP2K ke depannya. “Diharapkan usaha ini dapat diekspos dan dipromosikan ke luar Kota Solok agar dapat menjadi produk unggulan nantinya,” ungkap Rahman mengakhiri. (cps)

Tags: , , , , ,