TP-PKK Simpang Rumbio Pemenang Lomba Cipta Menu B2SA Tingkat Kota Solok

TP-PKK Simpang Rumbio Pemenang Lomba Cipta Menu B2SA Tingkat Kota Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – TP-PKK Kelurahan Simpang Rumbio keluar sebagai pemenang pertama pada Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) tahun 2023 yang dilaksanakan oleh Dinas Pangan Kota Solok bekerjasama dengan TP-PKK Kota Solok.

Lomba tahun ini mengangkat tema penyediaan bekal B2SA dan snack sehat anak sekolah yang bertujuan untuk mendorong peningkatan kreativitas dan inovasi ibu-ibu Kader PKK dalam penyediaan bekal makan siang dan snack sehat untuk anak sekolah.

Peserta dituntut untuk menampilkan menu bekal makan siang B2SA untuk anak sekolah dengan memenuhi kaidah isi piringku (1/3 kabohidrat, 1/6 lauk pauk, 1/3 sayuran dan 1/6 buah-buahan), serta snack sehat anak sekolah yang menggunakan salah satu sumber bahan pangan tetapi tidak menggunakan beras dan terigu sebagai bahan utama.

Apresisasi bagi peserta terbaik pada lomba cipta menu B2SA diberikan penghargaan untuk juara pertama TP-PKK Kelurahan Simpang Rumbio mendapatkan uang tunai sebesar Rp2 juta. Juara dua diraih oleh TP-PKK Kelurahan Tanah Garam mendapatkan uang tunai Rp1.5 juta, dan juara tiga diraih oleh TP-PKK Kelurahan KTK menerima uang tunai Rp1 juta. Semua pemenang menerima tropy dan piagam penghargaan.

Sebagai ketua pelaksana kegiatan, Kepala Dinas Pangan Kota Solok, Ade Kurniati, S.Pt melaporkan peserta Lomba Cipta Menu B2SA merupakan perwakilan dari Pokja III TP-PKK Kelurahan se-Kota Solok sebanyak 13 Kelurahan dengan masing-masing mengutus dua orang. Dewan juri berasal dari Dinas Pangan Provinsi Sumbar, drh. Devi Irmayeni, Chef Royal Asia Collage Padang, Arisman Al Faridzi, SE, MM, serta Persatuan Ahli Gizi (Persagi) Kota Solok, Septy Nora, S.Gz.

Sebelumnya, Lomba Cipta Menu B2SA dibuka secara resmi oleh Walikota Solok, Zul Elfian Umar di Balairung 99 kediaman Wali Kota Solok, Kamis (7/9). Dalam sambutannya, Wako Zul Elfian menyebut kebutuhan manusia akan pangan merupakan hal yang sangat mendasar, sebab konsumsi pangan adalah salah satu syarat utama penunjang kehidupan.

Melalui lomba ini, Wako mengharapkan tidak hanya sekadar lomba saja, tapi dapat berdampak pada perbaikan pola konsumsi pangan masyarakat ke depannya melalui konsumsi pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA).

Ia juga memberikan apresiasi kepada seluruh peserta atas pastisipasi dan semangat untuk mengikuti lomba.

“Bagi yang belum berkesempatan menjadi pemenang jangan berkecil hati karena keikutsertaan ibu-ibu PKK dalam acara ini sudah merupakan suatu prestasi,” ujar Wako.

Lomba ini juga dihadiri Wakil Ketua TP-PKK Kota Solok, Ny. Dona Ramadhani Kirana serta Tim Pokja, dan Staf Ahli Wako Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan, Asfiyeni.

Ny. Dona Ramadhani menyampaikan konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman dengan memanfaatkan pangan lokal menjadi sangat penting untuk diterapkan dalam pola konsumsi sehari-hari, khususnya untuk tumbuh kembang anak usia sekolah, dimana anak-anak memerlukan asupan gizi dari makanan yang sehat dan cukup.

Sebagaimana diketahui, saat ini permasalahan stunting sangat menjadi perhatian bagi pemerintah, stunting merupakan masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu cukup lama akibat pemberian makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi. (fas/re)

Tags: , ,