TRC BPBD Kota Solok Jadi Pemateri Latihan Gabungan MAPALIPA di Payakumbuh

TRC BPBD Kota Solok Jadi Pemateri Latihan Gabungan MAPALIPA di Payakumbuh

Lima Puluh Kota, (InfoPublikSolok) –  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solok melalui Tim Reaksi Cepat (TRC) diundang sebagai Pemateri oleh Mapalipa (Mahasiswa Pencinta Alam Payakumbuh – Lima Puluh Kota) dalam rangka latihan gabungan dengan tema Navigasi Darat dan Manajemen Bencana bertempat di daerah Gunung Bungsu, Lima Puluh Kota dengan jumlah peserta sebanyak 31 orang terdiri dari Mapala MKU, Mapala Polta Pala, Mapala Eka Dupa, Mapala SHP-Herbal.

Kegiatan ini dilakukan demi meningkatkan pemahaman pokok terkait dengan navigasi darat dan manajemen bencana yang wajib dimiliki oleh setiap organisasi pencinta alam. Selain itu kegiatan ini untuk menjalin silahturami serta penyamaan persepsi terkait dengan navigasi darat dan manajemen bencana di gunung dan hutan.

Latihan ini dilakukan selama dua hari (8 – 9 Oktober 2022), Kegiatan dibuka oleh Rey Julianto selaku Pembina Mapalipa, serta 7 orang pemateri dari Tim Reaksi Cepat BPBD Kota Solok selaku pemateri.

Teknik melakukan navigasi darat, dimana para peserta melakukan orientasi medan dengan menggunakan sejumlah peralatan, seperti peta, kompas, protaktor, jangka dan busur. Ilmu ini akan memudahkan para anggota Mapalipa saat melaksanakan misi pencarian dan penyelamatan korban, maupun untuk keperluan diri sendiri saat tersesat di sebuah lokasi asing dengan bantuan minimal peta dan kompas.

Setelah sesi materi mengenai pelatihan navigasi darat dilanjutkan dengan simulasi dan manajemen bencana pada hari berikutnya. Dimana peserta latihan gabungan dibagi menjadi beberapa kelompok dan diminta menentukan posisi perserta pada peta. Lalu setelah selesai melakukan latihan navigasi darat, seluruh peserta latihan gabungan berkumpul dan menerima materi tentang kebencanaan, sebagai penutup seluruh peserta melakukan foto bersama dan pulang dari Gunung Bungsu.

Harapannya, semoga ilmu yang disampaikan dapat bermanfaat dan berguna dalam aplikasi kebencanaan bagi organisasi Mapala di Payakumbuh dan Lima Puluh Kota yang telah mengikuti pelatihan gabungan navigasi darat dan manajemen bencana. (aw)

Tags: , ,