Tren Harga Pangan Pokok di Kota Solok Cenderung Stabil

Tren Harga Pangan Pokok di Kota Solok Cenderung Stabil

Solok (MC Kota Solok) – Tren perkembangan harga pangan pokok di Kota Solok, kota yang terkenal sebagai penghasil beras dengan julukan kota bareh ini, ada kecenderungan stabil. Berdasarkan pantuan MC atas harga pangan dari Kantor Ketahanan Pangan Kota Solok mulai dari 16 Juni – 31 Juli 2015, harga beras anak daro untuk konsumen relatif stabil pada kisaran harga Rp 12.000/kg. Sementara, harga beras sari baganti juga relatif stabil pada kisaran harga Rp 11.000/kg.

Hal ini mengindikasikan ketersediaan beras masih mencukupi di Kota Solok. Dengan merunut keterkaitan antara harga barang dengan ketersediaan, dapat dikatakan bahwa walaupun bulan Juni-Juli tahun ini merupakan musim kemarau, tingkat produksi beras Solok ini tidak terganggu. Sebagaimana telah diberitakan sebelumnya dari kontributor Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Solok untuk MC, tanaman padi di Kota Solok berada dalam posisi aman di tengah kemarau melanda. Areal pertanaman padi yang beririgasi teknis aman walau baru pada tahap mulai bercocok tanam. Sementara areal pertanaman padi tadah hujan atau non irigasi berada pada tahap panen saat kemarau. (Baca juga Musim Kemarau belum Berpengaruh pada Pertanaman Padi Petani di Kota Solok).

Harga Pangan Nabati 2

Sementara bawang merah ada kecenderungan menurun. Cabai merah, salah satu komoditi pangan nabati penting di ranah Minang ini, ada kecenderungan meningkat setelah sempat anjlok harga pada akhir bulan Juni lalu. Saat ini, bawang merah berada pada harga Rp 20.000/kg dan cabai merah berada pada harga Rp 40.000/kg. Pangan nabati lainnya seperti kol juga ada kecenderungan meningkat, dengan harga saat ini Rp 7.000/kg dari harga semula Rp 3.000. Sementara kentang ada kecenderungan stabil pada rentang harga Rp 6.000-7.000/kg.

Harga Pangan Hewani 2

Pada komoditi pangan hewani, hanya daging ayam broiler yang sering mengalami perubahan harga dengan kecenderungan meningkat. Dua komoditi lainnya, yaitu daging sapi dan telur ayam ras relatif tetap yaitu pada kisaran harga Rp 120.000/kg untuk daging sapi. Harga telur ayam ras untuk pertama kalinya berada pada harga Rp 1.200 per butir, setelah sebelumnya selama tujuh minggu tetap pada harga Rp 1.300 per butir.

Harga Pangan Olahan 2

Sementara pangan olahan seperti gula pasir dan minyak goreng curah relatif tetap semenjak kenaikan harga yang pernah terjadi pada minggu ketiga bulan Juni. Sampai dengan berita ini diturunkan, gula pasir berapa pada harga Rp 13.500/kg dan minyak goreng curah berada pada harga Rp 12.000/kg. Masyarakat tentu berharap harga pangan di Kota Solok senantiasa terjangkau dan tersedia. (dhani)

Tags: , ,