Tujuh SMP Serentak Laksanakan USBN Berbasis Komputer

Tujuh SMP Serentak Laksanakan USBN Berbasis Komputer

Solok, (InfoPublikSolok) – Memasuki hari yang kedelapan pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (USBN-BK) pada Jumat (29/3/2019) dari total sembilan hari yang direncanakan yaitu dari tanggal 21 s/d 30 Maret 2019, secara umum pelaksanaan ujian berbasis komputer berjalan dengan lancar.

Walaupun ada beberapa kendala pada hari pertama dan kedua pada beberapa sekolah mengalami kondisi hasil ujian yang telah dilaksanakan siswa tidak tersimpan pada server, yang mengakibatkan siswa pada sesi tersebut harus mengikuti ujian ulang pada hari itu juga. Kemudian ada beberapa sekolah mengalami kendala lampu mati sekitar 30 menit lamanya. Namun kendala ini tidak membuat pelaksanaan ujian menjadi terganggu secara umumnya, karena langsung ditangani dengan sigap oleh semua komponen yang terlibat.

Tahun 2019 merupakan tahun pertama pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) berbasis komputer untuk siswa kelas IX SMP di Kota Solok. Pada tahun sebelumnya pelaksanaan Ujian ini masih berbasis pena dan kertas, namun pelaksanaan Ujian Nasional semenjak beberapa tahun sebelumnya sudah berbasis komputer yang dikenal dengan istilah Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Pelaksanaan UNBK tahun 2018 sudah diikuti oleh tujuh SMP di Kota Solok, walaupun dengan kondisi ada sekolah yang harus melaksanakannya di SMK/SMA dan ada juga yang meminjam Laptop/komputer dari sekolah lain atau bahkan dari orang tua siswa karena fasilitas di sekolah yang belum memadai, namun karena semangat mengikuti perkembangan zaman, seluruh kepala sekolah melalui Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) dan Dinas Pendidikan sepakat untuk melaksanakan UN pada tahun ini dengan berbasis komputer.

Tahun ajaran 2018/2019 seluruh SMP telah mendapatkan bantuan dari Kementerian Pendidikan untuk mensukseskan ujian berbasis komputer tersebut, ada sekolah yang mendapatkan bantuan ruang komputer lengkap dengan semua perangkat komputernya dan ada juga yang memperoleh perangkat komputer saja. Berdasarkan fasilitas yang sudah memadai ini, maka tahun ini MKKS SMP dan Dinas Pendidikan sepakat untuk melaksanakan dengan serentak pada tujuh SMP Kota Solok, USBN Berbasis Komputer secara mandiri di sekolah masing-masing.

Melalui wawancara dengan beberapa orang Kepala Sekolah, dan ada juga dengan Wakil Kepala sekolah diperoleh data bahwa sebanyak 1456 siswa SMP se-Kota Solok mengikuti ujian yang dilaksanakan pada 18 labor komputer dengan penyebaran sebagai berikut.

Pelaksanaan USBN-BK yang menguji 10 mata pelajaran pada seluruh sekolah dilaksanakan secara bertahap setiap harinya, yaitu dengan sistem tiga sesi dengan masing-masing menggunakan durasi waktu 2 jam dan diselingi dengan istirahat antara setiap sesi.

Pelaksanaan ujian dimulai dari pukul 07.30 dan berakhir pada pukul 16.00 setiap harinya. Sistem pengawasan ujian dilaksanakan secara silang dengan guru atau pengawas dari sekolah lain, artinya tidak ada pengawas yang melakukan pengawasan di sekolah tempatnya mengajar. Di dalam ruangan juga dibantu oleh seorang teknisi dan proktor yang bertugas khusus untuk semua hal teknis yang berhubungan dengan komputer maupun jaringannya.

Pelaksanaan ujian dengan berbasis Komputer ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan ujian dengan menggunakan sistem kertas dan pena, diantaranya menghemat dana karena tidak membutuhkan kertas dalam proses penggandaannya, pendistribusiannya serta juga menghemat waktu dan juga tidak melibatkan terlalu banyak personel dalam pelaksanaannya.

Saat siswa menjawab ujian juga memudahkan mereka karena tidak lagi harus sibuk dalam menghitamkan lembaran jawaban jika mengggunakan Alat Baca Optik (ABO). Hal ini tentu saja membuat siswa dapat lebih fokus perhatian dan waktunya untuk menjawab soal ujian.

Dari pengalaman delapan hari pelaksanaan ujian dengan mengalami kendala yang dapat terselesaikan secara sigap, memberikan semangat baru dalam menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang akan dilaksanakan pada bulan April mendatang.

Masih ada satu hari lagi kegiatan ujian yang akan dilaksanakan, semoga Allah memudahkan pelaksanaan kegiatan ini sebagai wujud ibadah Guru dan melaksanakan tugas penilaian yang merupakan bagian dari amanat Undang-Undang. Diharapkan juga dapat memudahkan siswa mengikuti ujian serta mengasah kecerdasan dan keterampilan menggunakan teknologi khususnya komputer. (hu)*

*Penulis salah satu pengajar di SMPN 4 Kota Solok.

Tags: , , , , ,