Tumbuhkan Kemandirian Anak di Hari Pertama Masuk Sekolah

Tumbuhkan Kemandirian Anak di Hari Pertama Masuk Sekolah

Solok, (InfoPublikSolok) – Para siswa mulai dari TK, SD, SMP dan SMA sederajat di Kota Solok kembali memulai rutinitasnya menuntut ilmu untuk tahun ajaran baru 2019/2020 pada hari Senin, 15 Juli 2019.

Hari pertama masuk sekolah merupakan hari yang dinanti-nantikan oleh anak. Mulai dari hal sederhana yakni mengenakan seragam baru, sepatu baru, perlengkapan sekolah baru hingga terbayang apa yang akan terjadi ketika berada di lingkungan sekolah.

Bagi orang tua mari bersiap untuk mendampingi anak memasuki dunia baru yaitu TK dan Sekolah Dasar. Orang tua dapat menumbuhkan imajinasi anak mulai dari menjawab beberapa pertanyaan tentang sekolah.

Berkaitan dengan itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Solok, Dra. Hj. Mursiati, MM berharap siswa Kota Solok kembali memompa semangat belajar di hari pertama masuk sekolah. Ia juga mendorong agar para siswa untuk mandiri.

“Setelah berkumpul dengan keluarga, saatnya anak-anak kembali menuntut ilmu di sekolah untuk melepas rindu dengan suasana belajar dan berinteraksi di sekolah,” ujar Mursiati di Dinas Pendidikan Kota Solok, Senin (15/7).

Kepada para orang tua siswa, Mursiati berpesan untuk mengajarkan kemandirian kepada anak-anaknya di hari pertama masuk sekolah.

“Cara mencintai anak-anak kita adalah mengajarkan kemandirian. Silakan jika anak-anak itu minta diantar ke sekolah. Tetapi jika anaknya sudah besar, lebih baik kita ajarkan mereka untuk belajar berangkat ke sekolah sendiri,” katanya.

“Hal lain yang juga dilakukan oleh orang tua adalah memantau belajar-mengajar putra-putrinya. Baik itu pelajaran di sekolah, belajar di rumah, lebih utamanya belajar agamanya,” tutur Mursiati

Mursiati kembali mengingatkan agar Kepala Satuan Pendidikan (Kepala Sekolah) bersama para tenaga kependidikan (Guru) menyambut dan berinteraksi dengan orang tua/ wali yang mengantar serta bertukar nomor telepon atau handphone atau kontak lainnya untuk memudahkan berkomunikasi dalam menjalin komitmen bersama mengawal pendidikan yang lebih positif dan menyenangkan.

Serta melakukan koordinasi dengan aparat keamanan setempat dalam rangka kelancaran, ketertiban, keamanan dan kenyamanan lalu lintas di lingkungan sekolah. (rpe)

Tags: , ,