Tunaikan Kewajiban Muzakki, Wako Terima Dana Zakat Dari Baznas Kota Solok

Tunaikan Kewajiban Muzakki, Wako Terima Dana Zakat Dari Baznas Kota Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Solok, H. Eri Iswandi didampingi Penyelenggara Zakat dan Wakaf, Irawadi Uska serahkan Zakat ASN Kemenang kepada Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kompol (Purn), H. Zaini yang disaksikan langsung oleh Wali Kota Solok, H. Zul Elfian dan Anggota DPRD Kota Solok, Ade Marta, bertempat di Kantor Baznas Kota Solok, Jumat (15/5/20).

Kepala Kankemenag yang menyerahkan zakat sebesar Rp7.950.000 tersebut mengatakan, pembersihan harta melalui zakat dengan beberapa manfaat warga terbantu, kewajiban zakat para muzakki (pemberi zakat) tertunaikan, serta berharap agar wabah pandemi Covid-19 cepat berlalu.

“Bulan suci Ramadhan memiliki banyak keutamaan, salah satunya yaitu dengan menunaikan zakat yang nantinya akan diserahkan dan memiliki manfaat bagi yang menerima (mustahiq). Membayar zakat merupakan sarana membersihkan harta dan jiwa bagi seorang muslim,” ujar Eri Iswandi.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Solok mengatakan kepada Baznas, “Jangan sampai kita melihat orang kelaparan di wilayah Kota Solok. Usahakan untuk selalu membantu orang yang datang meminta-minta. Manfaat zakat harus betul-betul kita wujudkan. Masyarakat yang sejahtera dengan gerakan sadar zakat,” ujar Wako.

Ketua Baznas Kota Solok, Zaini menyerahkan dana zakat kepada Wali Kota Solok dengan total Rp531 juta, yang nantinya akan serahkan pula kepada orang yang berhak menerima zakat. Secara simbolis dana tersebut akan diserahkan kepada mubbaligh yang terdampak Covid-19.

Zaini juga menjelaskan bahwa Baznas telah dikelola oleh petugas pengumpul zakat professional yang siap terjun langsung ke tengah masyarakat. Sebelumnya masyarakat harus memahami tentang hal terkait zakat sesuai syariat Islam, “Zakat yang terkumpul akan disalurkan kepada seluruh pihak yang berhak menerima. Semoga dengan ini bisa meningkatkan kesejahteraaan rakyat dan mengentaskan kemiskinan di Kota Solok,” ungkap Zaini.

Sementara itu, Wali Kota Solok dan Kepala Kankemenag juga menyerahkan zakat kepada mustahiq yang mewakili guru TPQ se-Kota Solok. (hd)

Tags: , , , , , , , , , ,