Ukur Kemampuan Siswa, Kemenag Kota Solok Gelar KSM

Ukur Kemampuan Siswa, Kemenag Kota Solok Gelar KSM

Solok, (InfoPublikSolok) – Mengukur kemampuan siswa madrasah, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Solok menggelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM) yang diikuti puluhan siswa baik dari tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) hingga Madrasah Aliyah (MA) se-Kota Solok, yang bertempat di MTsN Kota Solok, Sabtu (20/7).

Ketua panitia KSM 2019, Jasril mengatakan, peserta yang mengikuti kompetisi ini sebanyak 74 siswa, adapun rinciannya yakni untuk jenjang MI diikuti sebanyak 20 siswa dengan bidang studi diikutinya matematika dan IPA. Kemudian MTs sebanyak 24 siswa bidang studinya Matematika, IPS dan IPA, dan MA 30 siswa bidang studinya matematika, IPA,IPS, Geografi, Fisika, Kimia dan ekonomi.

Lanjut Jasril, dari puluhan siswa yang ikut KSM ini, nantinya akan diambil 2 nilai terbaik perbidang studi, sekaligus juara itu sebagai bakal siswa untuk mewakili Kota Solok di ajang KSM tingkat provinsi.

Sebelum Kegiatan KSM ini dimulai rangkaian upacara dilaksanakan dan dipimpin langsung oleh Plt. Kepala Kan Kemenag Kota Solok dan diikuti guru pendamping dan puluhan siswa peserta KSM.

Sementara itu Plt. Kepala Kemenag Kota Solok H. Afrizen mengawali sambutanya dengan yel-yel, “Madrasah pilihanku, Madrasah prestasiku”.

Dalam sambutannya Afrizen mengatakan siswa madrasah lebih bersemangat, lebih berprestasi bahwa siswa madrasah siap bersaing dan berkompetisi secara fair dan jujur.

“Saya bangga bahwa madrasah banyak diminati masyarakat, KSM tahun ini momentum strategis untuk persiapan generasi emas ilmuan dan cendia muslim yang unggul peripurna dan siap menjadi pemimpin perubahan di masyarakat,” harap Afrizen.

Selanjutnya Afrizen menegaskan kepada peserta dan pendamping untuk memperkuat kemampuan intelektual dan keterampilan sosial sebagai bekal hidup, KSM sebagai ajang tukar pikiran, gagasan dan penguasaan bagi peserta.

Menurut Afrizen, kegiatan ini guna mengubah cara pandang masyarakat bahwa madrasah hanya mempelajari ilmu agama, padahal di dalam madrasah siswa juga mempelajari ilmu sains, sehingga ke depannya siswa siap berkompetisi dengan sekolah umum dalam bidang sains itu.

“Selain itu, kegiatan ini sebagai langkah untuk menggali wawasan siswa sekaligus mempersiapkan siswa untuk bisa mewakili di kompetisi ke jenjang lebih lanjut lagi,” tuturnya.

Usai kegiatan KSM diresmikan, semua siswa madrasah langsung mengambil ruangan yang telah ditentukan, kompetisi ini dilaksanakan hanya satu hari. (hd)

Tags: , , , ,