UNP Kunjungi Calon Peserta SNMPTN 2019 se-Kota Solok

UNP Kunjungi Calon Peserta SNMPTN 2019 se-Kota Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – SMA Negeri 3 Kota Solok menjadi tuan rumah penyelenggara kegiatan roadshow oleh Tim Universitas Negeri Padang (UNP) dalam rangka sosisalisasi jalur penerimaan mahasiswa di Universitas Negeri Padang tahun 2019.  Kegiatan sosialisasi ini ditujukan bagi pelajar kelas XII SMA/SMK se-Kota Solok terpilih calon peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) berlangsung di Aula SMAN 3 Solok, Jumat (8/2/2019) pagi.

Kunjungan tim dari UNP ke Kota Solok ini dipimpin langsung oleh Prof. DR. Alwen Bentri, M.Pd, Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan bersama DR. Elida, M.Pd, Wakil Dekan I Fakultas Pariwisata dan Perhotelan berserta staf.

Selaku tuan rumah, Kepala SMA Negeri 3 Solok, Eli Irmanita, S.Pd menyampaikan terimakasih kepada UNP karena telah memilih SMAN 3 Solok sebagai tempat diadakan acara ini.

Dalam laporannya, Eli juga menjelaskan kegiatan sosisalisasi ini khusus ditujukan bagi 480 orang pelajar SMA/SMK se-Kota Solok yang merupakan 40 % terbaik hasil seleksi nilai dari sekolah masing-masing, dan merekalah utusan kota Solok yang akan ikut dalam pertarungan SNMPTN 2019 nantinya.

Sementara itu, turut hadir Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kota Solok,  Eko Gunanto, S.Pd, dalam sambutannya mengharapkan kepada seluruh siswa-siswi sebagai audien acara ini agar dapat mengikuti kegiatan hingga selesai dengan tenang, sehingga mendapatkan informasi yang jelas mengenai jalur masuk perguruan tinggi negeri.

Prof. DR. Alwen Bentri sebagai pembicara menyampaikan bahwa saat ini UNP sudah terakreditasi A. Beliau juga menjelaskan, dari 4000 lebih universitas di Indonesia, hanya 60 universitas yang terakreditasi A, dan itu termasuk UNP Sendiri.

Kemudian Alwen Bentri menerangkan bahwa jalur masuk perguruan tinggi negeri ada tiga cara, jalur pertama adalah SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Jalur SNMPTN hanya dapat diikuti oleh siswa-siswi terbaik yang sudah lulus seleksi nilai, termasuk para siswa undangan, siswa miskin berprestaasi dan hafiz Al-Quran.

Selanjutnya, Jalur kedua melalui SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri),  pada bagian ini dilakukan seleksi bersama yaitu berdasarkan hasil ujian tulis berbasis komputer.  Jalur ketiga melalui Seleksi Mandiri PTN (bukan swasta) yakni seleksi bersama berdasarkan hasil ujian tulis berbasis komputer bagi yang tidak lulus SBMPTN.

Fuadhul Halim yang berasal dari SMA Negeri 4 Solok selaku siswa peserta acara mengakui acara ini sangat bermanfaat bagi siswa kelas XII yang ingin masuk perguruan tinggi negeri.  “Bagi saya pribadi, sosialisasi ini membantu sekali dalam mendapatkan informasi mengenai jalur masuk perguruan tinggi negeri, karena informasi ini sangat kami nanti-nantikan,” ujarnya. (dp)

Tags: , , , , ,