Unsur Pengarah BPBD Gagas Pembentukan Forum Pengurangan Resiko Bencana

Unsur Pengarah BPBD Gagas Pembentukan Forum Pengurangan Resiko Bencana

Solok, (InfoPublikSolok) – Untuk menghadapi potensi bencana yang mungkin terjadi di Kota Solok, diharapkan terlaksananya pembentukan forum Pengurangan Resiko Bencana (PRB) yang melibatkan seluruh unsur potensi yang ada.

Pengurangan risiko bencana adalah konsep dan praktek mengurangi risiko bencana melalui upaya sistematis untuk menganalisa dan mengurangi faktor-faktor penyebab bencana. Mengurangi paparan terhadap bahaya, mengurangi kerentanan manusia dan properti, manajemen yang tepat terhadap pengelolaan lahan dan lingkungan, dan meningkatkan kesiapan terhadap dampak bencana merupakan contoh pengurangan risiko bencana.

PRB sendiri meliputi disiplin seperti manajemen bencana, mitigasi bencana dan kesiapsiagaan bencana, tetapi PRB juga merupakan bagian dari pembangunan berkelanutan, agar kegiatan pembangunan dapat berkelanjutan terutama dalam hal pengurangan risiko bencana

Hal tersebut dikemukan pada acara pertemuan Unsur Pengarah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solok bersama LSM, TAGANA, PMI bertempat di Agrowisata Sawah Solok, Selasa (26/2/2019).

Unsur pengarah BPBD Kota Solok tersebut meliputi, Sekretaris Daerah Kota Solok, Kabid Pengairan pada Dinas Pekerjaan Umum, Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan pada Dinas Kesehatan, Kabid Kawasan Pemukiman pada Dinas Perkim serta Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Solok.

Pertemuan bersama unsur pengarah ini dibuka oleh Kepala Pelaksana BPBD Kota Solok, Kenfilka, didampingi Kasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi.

Kenfilka memulai dengan pemaparan giat BPBD Kota Solok selama satu bulan terakhir dakam penanggulangan beberapa bencana seperti banjir dan genangan di beberapa lokasi serta kejadian pohon tumbang. Selain itu, Kenfilka juga menyampaikan kegiatan Sekolah Siaga Bencana yang sudah mulai dilaksanakan di beberapa Sekolah Dasar di Kota Solok.

Pada kesempatan tersebut, Unsur Pengarah memberikan apresiasi kepada BPBD Kota Solok yang telah melaksanakan kegiatan Sekolah Siaga Bencana, diharapkan untuk kedepannya BPBD Kota Solok dapat melakukan kegiatan ini di semua tingkat sekolah.

Selain itu, unsur pengarah juga berharap agar BPBD senantiasa memastikan proses mitigasi bencana terus dilakukan melalui himbauan dan surat edaran kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan masing-masing untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya bencana alam yang tidak diinginkan. Karenanya, perilaku dan budaya masyarakat dalam menjaga lingkungan harus terus diperbaiki.

Lebih lanjut, dalam upaya pengurangan resiko bencana, unsur pengarah dari Dinas Pekerjaan Umum menyampaikan rencana pembenahan dan relokasi perumahan yang berdiri di sepanjang aliran sungai Batang Lembang khususnya di kawasan Koto Panjang, selanjutnya Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman berkomitmen untuk mengatasi permasalahan genangan saluran air di kawasan perumahan dan permukiman warga. (aw)

 

Tags: , ,