Upacara Bendera di SMKN 1 Solok Terasa Sedikit Berbeda

Upacara  Bendera di SMKN 1 Solok Terasa Sedikit Berbeda

Solok, (InfoPublikSolok) – Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Pendidikan Provinsi Sumatera Barat untuk wilayah III (Kota Solok, Kab. Solok, dan Kab. Solok Selatan) Israr. A menjadi Pembina Upacara pada hari pertama peserta didik baru untuk kelas X mengikuti proses belajar mengajar tahun pelajaran 2019/2020 setelah melewati Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Senin (22/7).

Dalam amanatnya, Israr. A menyampaikan, kehadirannya mengunjungi SMKN 1 Solok merupakan bentuk apresiasi terhadap salah satu sekolah kejuruan dan pendaftar terbanyak pada PPDB di wilayah III. “Sudah sepantasnya sekolah ini menjadi salah satu sekolah kejuruan pilihan terbanyak dari calon peserta didik baru,” ujarnya.

Dari database PPDB lalu sebanyak kurang lebih 2306 pendaftar memilih jurusan yang ada SMKN 1 Solok. Saat ini masih ada beberapa masyarakat yang berharap anaknya untuk dapat bersekolah di SMKN 1 Solok (Permendikbud No. 51 Tahun 2018 tentang PPDB dengan sistem Zonasi).

“Setelah hadir dan menyaksikan sendiri pada hari ini, memang pantas sekolah ini menjadi kebanggaan Kota Solok, pilihan favorit dari calon peserta didik baru pada saat PPDB. Atas nama Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat saya bangga dan senang melihat peserta didik baru yang menjadi pelaksana upacara bendera hari ini sangat baik,” sampai Kacabdin.

Selanjutnya Kacabdin juga mengapresiasi untuk karya siswa jurusan Produksi dan Siaran Program Televisi yang dapat tayang di TV Edukasi milik Kemendikbud yang mengangkat promosi dari daerah Solok pada umumnya dan kabupaten Solok Selatan pada khususnya dengan karya yang berjudul Mutiara Solok Selatan.

“Sampai saat ini video tersebut masih dapat kita saksikan bersama-sama di channel Youtube TV Edukasi dan menunggu like serta viewnya, untuk menjadi program terbaik karya pelajar secara nasional.

Pada kesempatan ini pula, Kacabdin menjadi pemimpin rapat pada Briefing Pagi di kantor dewan guru sebagai wujud kerjasama dan silaturahmi dengan seluruh warga SMKN 1 Solok. Dalam silaturahmi ini Kacabdin sangat kagum kepada SMKN 1 Solok yang telah berhasil membentuk lingkungan sekolah yang sangat baik sehingga menjadi sekolah kejuruan pilihan terbanyak dari calon peserta didik baru di wilayah III. “Sekolah hebat tentunya memiliki guru-guru hebat di dalamnya yang telah berhasil mendidik dan mengajar siswa-siswinya,” tuturnya.

Dengan adanya Permendibud no. 51 Tahun 2018 ini untuk menyesuaikan dengan keadaan wilayah tertentu di Indonesia maka terbitlah Permendikbud No. 20 Tahun 2019 tentang perubahan PPDB untuk tahun pelajaran 2019/ 2020.

Hal ini membutuhkan bantuan para Guru dan Tenaga Kependidikan untuk menjelaskan kepada masyarakat luas bagaimana alur proses PPDB, sehingga masyarakat paham dan tidak memaksakan diri untuk masuk ke salah satu sekolah. Sehingga setiap sekolah dalam wilayah tertentu memiliki siswa yang merata, tidak ada sekolah yang favorit atau sekolah unggulan. (as)

Tags: , , , , ,