Upacara HUT TNI ke- 73 di Makodim 0309/Solok

Upacara HUT TNI ke- 73 di Makodim 0309/Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Komandan Kodim (Dandim) 0309/Solok, Letkol Arh. Priyo Iswahyudi, bertindak selaku Inspektur Upacara dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke- 73 diikuti oleh seluruh personel militer dan PNS TNI, 1 SST Personel Polres Solok Kota, 1 SST Dinas Perhubungan Kota Solok dan 1 SST FKPPI di lapangan upacara Makodim 0309/Solok, Jumat (5/10/2018).

Turut hadir Edi Candra, SH mewakili Walikota Solok, Kapolres Solok Kota AKPB Donny Setiawan, S.I.K., M.H., Kasatpol PP dan Damkar Kota Solok, Kadishub Kota Solok,  Ketua LKAAM, Bundo Kanduang, Ketua Persit dan anggota Persit Kartika Chandra Kirana Cabang LXIII, Legiun Veteran RI serta undangan lainnya.

Profesionalisme TNI untuk rakyat merupakan tema yang diangkat oleh pimpinan TNI dalam HUT TNI ke 73 yang tentunya digelar di seluruh satuan TNI dari Sabang hingga Merauke.

Dandim 0309/Solok membacakan amanat tertulis Panglima TNI yang mengajak seluruh anggotanya dimanapun berada mendoakan kepada Tuhan yang Maha Kuasa agar meringankan beban yang menimpa saudara-saudara kita di Provinsi Sulawesi Tengah, khususnya di Kota Palu, Kabupaten Donggala, Kabupaten Sigi dan Kabupaten Parigi Moutong. Demikian pula beban yang masih diderita saudara-saudara kita korban gempa Lombok. “Semoga kekuatan dan ketabahan menyertai saudara-saudara kita dalam upaya memulihkan kembali kondisi sebagaimana sedia kala. Semoga pula apa yang telah kita lakuakan bersama, baik dalam bentuk bantuan secara fisik maupun dukungan doa, dapat meringakan musibah dan mempercepat upaya pemulihan tersebut.”

“Lebih lanjut, TNI bersama-sama berbagai komponen bangsa lainnya telah bekerja bahu membahu. Kita berupaya sekuat tenaga meringkan beban yang diderita saudara-saudara kita. TNI telaah mengerahkan personel dan Alutsista untuk memberikan pertolongan pertama, melaksanakan evakuasi, menyalurkan bantuan, memberikan pengamanan serta memulihkan sarana dan prasarana secara bertahap.”

“Apa yang dilaksanakan dilokasi bencana, baik pengerahan personel maupun Alutsista adalah sebagian dari bentuk profesionalisme TNI, oleh karenanya sangat tepat apabila peringatan HUT TNI ke 73 tahun 2018 ini, mengambil tema Profesionalisme TNI untuk rakyat. Tema singkat namun padat ini mengandung makna bahwa TNI senantiasa ditingkatkan Profesionalismenya melalui berbagai pendidikan, latihan, persenjataan, Alutsista dan dipenuhi kesejahteraannya oleh negara adalah semata mata untuk rakyat Indonesia.”

Mengakhiri amanatnya, Panglima TNI menekankan kepada seluruh prajurit TNI dimanapun berada untuk memperkokoh iman dan taqwa kita kepada Tuhan yang Maha Esa, serta luaskan hati untuk terus beribadah, pertahankan dan tingkatkan solidaritas TNI serta kemanunggalan TNI dengan rakyat, agar selalu menjadi pemersatu dan perekat bangsa, tingkatkan kewaspadaan dan profesionalisme karena setiap saat tugas selalu menanti, menghadapi berbagai macam tantangan tugas yang dilimpahkan kepada TNI.

Selanjutnya, Menetapkan netralitas TNI baik sebagia individu maupun satuan, dalam pelaksanaan pemilu tahun 2019. Jangan terpancing emosi dan upaya-upaya melibatkan diri dalam mendukung kelompok tertentu selama pentahapan pemilu serta jalanilah setiap tugas secara ikhlas, karena semata-mata untuk kepentingan bangsa dan negara tercinta ini.

Usai upacara peringatan HUT TNI ke- 73, Kapolres Solok Kota berkesempatan memberikan penghargaan kepada Babinsa yang bersinergi dengan Babinkamtibmas diantaranya Serma. Jul Emento, Sertu. Budi Santoso, Serda. Erizal dan Serda. Ricchal Andika Putra Panai.

Untuk mewujudkan rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa Kapolres Solok Kota memberikan nasi tumpeng dan diberikan kepada prajurit tertua Kapten Inf. Zul Aswir diiringi dengan lagu selamat ulang tahun. (hy)

DIRGAHAYU TNI KE 73 PROFESIONALISME TNI UNTUK RAKYAT.

Tags: , , , ,