Upaya Pelestarian Sejarah, DPK Kota Solok Kunjungi Tokoh Masyarakat

Upaya Pelestarian Sejarah, DPK Kota Solok Kunjungi Tokoh Masyarakat

Solok, (InfoPublikSolok) – Dalam rangka menyelamatkan dan melestarikan sejarah Kota Solok, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok melakukan  pertemuan sekaligus  mewawancarai salah satu tokoh masyarakat Kota Solok M. Rusli Khatib Sulaiman Ketua LKAAM Solok, pada Kamis (23/7/2020). Pertemuan ini dilakukan di salah satu Rumah Gadang yang berada di Kelurahan Sinapa Piliang, Kota Solok.

Pada kunjungan kali ini, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok, Wadirman didampingi oleh Suhartinah Sekretaris  DPK,  Desri Yanti Kabid Pengelolaan Kearsipan, Ilfi Rahmi Kasi Layanan  dan Pemanfaatan Arsip, Jefli Indri Jayani Arsiparis Mahir dan M. Hafiz Staf DPK Kota Solok.

Wadirman mengemukakan pada tahun 2020 ini DPK menargetkan penyelamatan dan melestarikan arsip bersejarah di Kota Solok. “Kearsipan mempunyai peranan sebagai pusat ingatan, sumber informasi dan alat pengawasan yang sangat diperlukan dalam setiap organisasi dalam rangka kegiatan perencanaan, penganalisaan, pengembangan, perumusan kebijakan, pengambilan keputusan, pembuatan laporan, pertanggungjawaban, penilaian dan pengendalian tepatnya,” ujar Wadirman.

Lebih lanjut Wadirman menjelaskan “Kegiatan penyelamatan dan pelestarian sebagai suatu cara untuk menjaga dan melindungi arsip dari kerusakan dan kehilangan sehingga nilai historis yang ada didalamnya dapat terselamatkan dan dilestarikan, dengan menyelamatkan dan  melestarikan sejarah, berarti DPK Kota Solok telah menyelamatkan dan melestarikan  masa lalu untuk masa depan”, ujar Wadirman.

Senada dengan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok, M. Rusli Khatib Sulaiman mengungkapkan “arsip tidak hanya merupakan warisan masa lampau, akan tetapi arsip juga member informasi tentang masa lampau itu sendiri, oleh karena itu kewajiban kita semua untuk memelihara dan menjaga arsip tersebut dari segala kerusakan dan kehilangan”.

“Sejarah harus diselamatkan dan dilestarikan untuk mengenalkan dan memberitahukan silsilah atau ranji keluarga pada generasi dimasa mendatang” ujar M. Rusli

Lebih lanjut M. Rusli Khatib Sulaiman menjelaskan arsip itu sangat penting karena suatu republik akan bubar dan hancur jika arsipnya terabaikan, arsip merupakan roh suatu republik oleh karena itu kita harus menyelamatkan dan  melestarikan sejarah dan arsip kita untuk generasi masa depan” Tutup M. Rusli KH, Sulaiman. (jij)

Tags: , , , , ,