UPTD Metrologi Legal Kota Solok Kembali Jalin Kerjasama dengan Pemkab Tanah Datar

UPTD Metrologi Legal Kota Solok Kembali Jalin Kerjasama dengan Pemkab Tanah Datar

Solok, (Info Publik Solok) – UPTD Metrologi Legal di bawah Dinas perdagangan, Koperasi dan UKM (DPKUKM) Kota Solok, melakukan penandatangan perjanjian kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar mengenai Pelayanan Tera/Tera Ulang dan Pengawasan Metrologi, bertempat di ruangan Kepala DPKUKM Kota Solok, Kamis 17 Februari 2022.

Pemerintah Kabupaten Tanah Datar diwakili oleh Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan, Dafrizal, SE, MS, sementara dari Pemerintah Kota Solok diwakili Kepala DPKUKM, Zulferi, SH, turut didampingi oleh Kepala UPTD Metrologi, Roni Syah Putra SH, MM dan KTU Metrololgi, Wardi Fitra.

Penandatanganan kerjasama ini merupakan yang kelima kalinya di awal tahun 2022, sebelumnya kerjasama serupa sudah dilakukan dengan beberapa daerah yakni Kota Payakumbuh, Kabupaten Solok , Kota Sawah Lunto, dan Kabupaten Solok Selatan.

Perjanjian kerjasama ini adalah bentuk komitmen pemerintah daerah dalam rangka melaksanakan ketentuan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, dimana pemerintah kabupaten/kota harus menyelengarakan pelayanan tera/tera ulang dan pengawasan metrologi.

“Pelayanan metrologi di setiap daerah wajib dilaksanakan, sebagai upaya menjamin kepastian hukum dalam hal kebenaran pengukuran bagi pengguna, pemilik alat ukur takar timbangan dan perlengkapannya. Mengingat kerjasama ini sangat penting, Kami berharap dukungungan penuh dari para pihak sehingga pelayanan kemetrologian dapat di selengarakan secara maksimal, khusunya masyarakat Kabupaten Tanah Datar sendiri dapat merasakan manfaat terutama pada penggunaan dan pemilik UTTP di daerah tersebut,” jelas Kepala DPKUKM Kota Solok, Zulferi.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kab Tanah Datar, Dafrizal mengungkapkan kepuasannya dengan kinerja UPTD Metrologi Kota Solok yang telah terjalin selama setahun, juga pelayanan yang sangat baik terhadap penjual yang ingin memperbaiki timbangannya. “Kami mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kota Solok atas kerjasama ini,” ucapnya.

 

Keterangan dari Kepala UPTD Metrologi Kota Solok, Roni Syah Putra, selaku pelaksana teknis pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan Pemkab Tanah Datar atas kepercayaan dalam kerjasama terhadap kegiatan tera/tera ulang dan pengawasan metrologi.

Alhamdulillah kerjasama ini berlanjut ke tahun kedua, kami dari UPTD Metrologi Kota Solok akan berkerja dengan baik dan juga akan selalu meningkatkan pelayanan tera dan tera ulang pemilik alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapan (UTTP),” tandasnya. (ro)

Tags: , ,