UPTD Metrologi Legal Kota Solok Gelar Diklat Reparatir Timbangan

UPTD Metrologi Legal Kota Solok Gelar Diklat Reparatir Timbangan

Solok, (Info Publik Solok) – UPTD Metrologi Legal Kota Solok menggelar diklat reparatir alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya (UTTP). Kegiatan diklat ini dilakukan di Aula Dinas DPK-UKM Kota Solok selama 10 hari (18-29 Maret 2019).

Kepala Dinas Perdaganganan Koperasi dan UKM (DPK-UKM) Kota Solok, Drs. Dedi Asmar didampingi Kepala UPTD Metrologi Legal, Edy Purwanto, S.Sos membuka secara resmi diklat, Senin (18/3) dengan mendatangkan narasumber, Kafid Ahmad dari Pusat Pengembangan Sumberdaya Kemetrologian (PPSDK) Bandung dan Osman dari CV. Usaha Sepakat Padang

Kepala UPTD Metrologi Legal Kota Solok, Edy Purwanto, melaporkan pelaksanaan diklat Reparatir Alat UTTP adalah dalam rangka melatih sebanyak 10 orang peserta yang akan dipersiapkan untuk menjadi petugas reparatir alat UTTP pada UPTD Metrologi Kota Solok.

Menurut Edy, tujuan diklat ini dilaksanakan untuk menujang kelancaran dalam proses pelayanan tera dan tera ulang, selain SDM kemetrologian dan peralatan standar kemetrologiaan, juga dibutuhkan tenaga reparatir timbangan yang ahli.

“Metrologi merupakan ilmu pengetahuan tentang pengukuran yang bertujuan melindungi kepentingan umum, usaha, menyerahkan atau menerima barang, menentukan pungutan upah dan melaksanakan peraturan perundang-undangan dalam hal kebenaran pengukuran, penakaran atau penimbangan,” jelasnya.

Pelaksanaan diklat reparatir alat UTTP kali ini khusus mempelajari reparasi alat Timbangan. Narasumber dari PPSDK Bandung, Kafid Ahmad memberikan pembekalan teori dasar-dasar timbangan, SOP reparasi serta mengenalkan jenis-jenis Timbangan. Diantaranya, mampu malakukan reparasi alat Timbangan Pegas, Timbangan Pegas Elektronik, Timbangan Elektronik, Timbangan Dacin, Timbangan Neraca, Timbangan Meja, Timbangan Bobot Insut dan Timbangan Sentisimal.

Sementara, Osman, ahli reparatir alat UTTP di Sumatera Barat memberikan pembekalan bimbingan praktek langsung kepada peserta diklat. (ts)

Tags: , ,

%d blogger menyukai ini: