USBN SD dan UNBK SMP/MTs Digelar Serentak di Kota Solok

USBN SD dan UNBK SMP/MTs Digelar Serentak di Kota Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Pekan ini, seluruh murid SD dan Siswa SMP/MTs di Kota Solok akan menjalani Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun pelajaran 2018/2019.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Solok, Inna Wahyuningsih mengatakan Ujian SD dan Sederajat diikuti oleh 1.478 siswa yang tersebar pada 45 SD/MI yang berlangsung selama tiga hari dari tanggal 22-24 April 2019, mengujikan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA.

“USBN ini semuanya menggunakan kertas dan pensil. Untuk ujian susulan dilaksanakan pada tanggal 26, 29 dan 30 April 2019,” ungkapnya.

Tempat pelaksanakan ujian SD dilaksanakan di 9 (sembilan) tempat/ kelompok ujian yakni, SDN 09 PPA, SDN 05 VI Suku, SDN 01 Tanjung Paku, SDN 16 Tanah Garam, SDN 04 IX Korong, SDN 13 Simpang Rumbio, SDN 06 Tanah Garam, SDN 17 Aro dan SDN 07 Kampung Jawa.

“Soal USBN terdiri atas pilihan ganda dan uraian. Sebanyak 25 persen soal USBN disiapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sedangkan 75 persen soal dibuat oleh guru-guru pilihan yang sudah dilatih Kelompok Kerja Guru (KKG) Kota Solok,” jelas Inna.

Sementara itu, untuk pelaksanaan UNBK tingkat SMP/MTs digelar selama empat hari (22-25 April 2019). UNBK tingkat SMP dilaksanakan di 9 (sembilan) SMP/MTs di Kota Solok. Dari jumlah itu, Semua Sekolah sudah bisa melaksanakan UNBK secara mandiri.

Inna menyebutkan, jumlah peserta UNBK tingkat SMP/MTs mencapai 1.774 siswa. Sedangkan mata pelajaran yang diujikan untuk tingkat SMP yakni Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, IPA.

“Dari sembilan Sekolah SMP/MTs Ada beberapa sekolah dalam pemenuhan jumlah komputer client masih meminjam ke sekolah jenjang SMA/SMK,” ujarnya.

Selanjutnya Inna mengungkapkan, hari pertama pelaksanaan USBN SD dan UNBK SMP/MTs di Kota Solok, Senin (22/4) secara umum berjalan aman dan lancar. Dia berharap USBN dan UNBK tetap tertib dan lancar hingga hari terakhir pelaksanaan. (rpe)

Tags: , , , , , ,