Vaksinasi Belum 70%, Polda dan Pemprov Gelar Lomba Sumdarsin antar Forkimpda se-Sumbar Selama Dua Pekan

Vaksinasi Belum 70%, Polda dan Pemprov Gelar Lomba Sumdarsin antar Forkimpda se-Sumbar Selama Dua Pekan

Solok, (InfoPublikSolok) – Ketua DPRD Kota Solok Hj. Nurnisma, SH bersama Forkopimda Kota Solok menghadiri pertemuan dengan Kepolisian Daerah (Polda) dan Pemprov Sumbar melalui media video conference dalam rangka sosisalisasi dan persiapan pelaksanaan lomba Sumdarsin (Sumbar Sadar Vaksin) di ruangan Command Center Polres Solok Kota, Kamis (6/1/2022) siang.

Sosialisasi dibuka Sekretaris Daerah Provinsi Sumbar, Hansastri bersama Inspektur Pengawas Daerah (Irwasda) Polda Sumbar, Kompol Arif Rahman Hakim.

“Kita adakan ini untuk lebih menyemangati masyarakat dalam mengikuti vaksinasi. Ini juga untuk menciptakan herd immunity di Sumbar, tingginya capaian vaksinasi di Sumbar akan meningkatkan herd immunity yang bakal lebih mempermudah melalukan kegiatan secara normal,” ujar Hansastri.

Ia berharap dengan adanya gebrakan untuk vaksinasi ini, angka capaian vaksinasi di Sumbar bisa naik untuk tingkat nasional.

Seperti diketahui, hingga akhir tahun 2021, capaian target vaksinasi Covid-19 yang ditetapkan pemerintah pusat yakni 70 persen gagal dicapai oleh Sumbar. Hal itu lantaran cakupan dosis untuk Sumbar hingga akhir tahun 2021 hanya mencapai 68,18 persen.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol. Satake Bayu Setianto menginformasikan, selama dua pekan nantinya mulai tanggal 8 Januari hingga 22 Januari 2022 akan dilaksanakan lomba Sumdarsin antar Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di wilayah Sumatera Barat.

Untuk tingkat Provinsi, lomba tersebut diikuti oleh Pemprov Sumbar, DPRD Sumbar, Polda Sumbar, Korem 032 Wirabraja, Lantamal II Padang, Lanud Sutan Syahrir, Kejaksaan Tinggi Sumbar, Pengadilan Tinggi Padang, Binda Provinsi Sumbar dan BNNP Sumbar.

Sedangkan di tingkat kabupaten dan kota, diikuti oleh 19 kab. dan kota se-Sumbar, 19 DPRD kab. dan kota se-Sumbar, Polres jajaran Polda Sumbar, Kodim jajaran 032 Wirabraja, Kejaksaan Negeri se-Sumbar, dan Pengadilan Negeri se-Sumbar.

Selanjutnya Kabid Humas menyampaikan, untuk dewan juri nantinya melibatkan dari masing-masing instansi yang ikut dalam perlombaan Sumdarsin tersebut.

“Masing-masing Forkopimda diberikan target minimal capaian vaksinasi 15.000 orang selama 15 hari. Pemenang disiapkan hadiah berupa piagam penghargaan dan uang tunai,” pungkasnya. (wh)

 

Tags: , ,