Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Untuk Tenaga Kesehatan Kota Solok

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Untuk Tenaga Kesehatan Kota Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Tim vaksinator melaksanakan vaksinasi Covid-19 pada tenaga kesehatan di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kota Solok, pada Senin (8/2/2021). Vaksinasi yang dilaksanakan di aula Dinas Kesehatan Kota Solok berjalan lancar dan aman. Untuk tahap pertama akan dilaksanakan vaksinasi dengan prioritas sasaran tenaga kesehatan, dan pemberi pelayanan publik termasuk TNI, Polri dan aparat hukum.

Dessy Syafril, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok mengharapkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 berjalan lancar sampai pada tahapan-tahapan selanjutnya.

“Kami harapkan kerjasama dari semua pihak untuk kelancaran vaksinasi Covid-19, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bertujuan untuk menurunkan kesakitan dan kematian akibat Covid-19, mencapai kekebalan kelompok (herd immunity), mencegah dan melindungi kesehatan masyarakat, melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh,” sampai Dessy Syafril.

Lebih lanjut Plt. Kadis Kesehatan menjelaskan Vaksin Sinovac Biofarma telah distribusikan ke puskesmas, Rumah Sakit, dan fasilitas kesehatan lainnya.

Pemberian vaksin secara serentak dijadwalkan pada tanggal 03 februari 2021 untuk tenaga kesehatan di Puskesmas, Rumah Sakit, serta fasilitas pelayanan kesehatan lainnya. Sebagai informasi untuk masyarakat dijelaskan langkah-langkah pemberian vaksin. Pertama calon penerima vaksin Covid-19 datang ke meja 1 untuk menunujukkan e-ticket atau ktp dan akan diverifikasi oleh petugas menggunakan aplikasi Pcare.

Selanjutnya, menuju ke meja 2 untuk mendapatkan skrining, petugas akan melakukan anamnesa dan pemeriksaan fisik sederhana untuk melihat kondisi kesehatan dan mengidentifikasi kondisi penyerta (komorbid) menggunakan aplikasi Pcare. Peserta yang dinyatakan layak divaksinasi akan mendapat penjelasan oleh tenaga medis tentang tata cara vaksinasi.

Lanjut di meja 3, petugas memberikan vaksin secata intra muscular sesuai prinsip penyuntikan yang aman. Kemudian petugas memasukkan nama vaksin dan nomor batch vaksin yang diberikan pada peserta di aplikasi Pcare. Terakhir di meja 4, petugas mencatat hasil pelayanan vaksinasi ke dalam aplilkasi Pcare. Peserta yang telah disuntik vaksin di observasi selama 30 menit untuk memonitor kemungkinan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) dan diberikan penyuluhan tentang 3M yakni (memakai masker, Mencuci tangan, dan menjaga jarak). Usai observasi peserta mendapatkan kartu vaksinasi elektronik.(es)

Tags: , , , , , , , ,