Wajah Baru Disdukcapil Kota Solok Untuk Kenyamanan Ruang Tunggu Pelayanan

Wajah Baru Disdukcapil Kota Solok Untuk Kenyamanan Ruang Tunggu Pelayanan

Solok, (InfoPublikSolok) – Disdukcapil Kota Solok kini memiliki wajah baru pada area ruang pelayanan. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kenyamanan masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan serta untuk mewujudkan saran dan masukan masyarakat yang disampaikan baik melalui kotak pengaduan, web lapor.go.id maupun lewat website Disdukcapil Kota Solok. Ruangan pelayanan dengan wajah baru yang sudah bisa dimanfaatkan sejak Senin (7/1) dengan layout/tata letak dan design yang apik serta warna wallpaper yang lebih cerah.

Kadisdukcapil Drs. H Syaiful A, M.Si pada redaksi IPS diruangannya mengatakan “Kami berharap dengan direhabnya ruangan pelayanan ini, masyarakat akan merasa lebih betah dalam menunggu antrian dan menunggu selesainya dokumen yang diurus, sehingga masyarakat akan merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan, baik itu dari sistem kepengurusan maupun dari segi kenyamanan ruang tunggu. Begitu pula dengan kenyamanan yang akan dirasakan oleh ibu-ibu menyusui dan yang membawa balita, karena ruang laktasi kini telah dilengkapi dengan sofa serta fasilitas bermain anak untuk ibu-ibu yang membawa balita”, terang Kadis.

Adapun ruang yang direhab pada area pelayanan ini adalah front office, ruang perekaman KTP-el dan ruang laktasi. Pada kondisi sebelumnya, area pelayanan pada Disdukcapil masih belum terkonsep dengan baik karena gedung yang dipakai saat ini sebelumnya adalah gedung aula Lubuak Nan Tigo, namun sebagian besar sudah memenuhi standar pelayanan publik. Begitu pula dengan ruangan-ruangan didalamnya seperti ruang perekaman KTP-el dan ruang laktasi. Sebelumnya ruang laktasi yang juga difungsikan sebagai ruang bermain anak minim fasilitas, namun kini telah dilengkapi dengan sofa dan kolam mandi bola. Sama halnya dengan ruang perekaman KTP-el, sebelumnya masih belum tertata rapi, namun sekarang sudah dilengkapi dengan lemari penyimpan arsip serta dibuatkan pula layar permanen berbentuk papan sliding.

Disebelah ruangan perekaman KTP-el terdapat ruang konsultasi yang berfungsi untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin berkonsultasi terhadap permasalahan tertentu terkait pengurusan dokumen kependudukan. Untuk urusan  konsultasi ini akan ditangani oleh Kasi Pelayanan Pendaftaran Penduduk dan Kasi Pelayanan Pencatatan Sipil.

Tak hanya perubahan tampilan dengan perubahan layout, kini area pelayanan Disdukcapil juga ada penambahan sarana prasarana berupa kursi roda untuk penyandang disabilitas, yang mana selama ini penyandang disabilitas hanya dibantu dengan kursi kerja yang memiliki roda, namun sekarang sudah disesuaikan dengan standar pelayanan dimana mereka juga mendapatkan perlakuan khusus dengan dilayani langsung pada loket disabilitas.

Ruang arsip yang terletak dilantai 2 pun sudah ditata dengan sangat rapi dan terkonsep, sehingga Disdukcapil Kota Solok memperoleh peringkat kedua dalam penilaian unit kersipan tingkat Kota Solok. Tak hanya bidang kearsipan, Disdukcapil juga mendapatkan penghargaan dari Kementrian PAN & RB sebagai unit penyelenggara pelayanan publik kategori baik dengan catatan serta dari Walikota Solok sebagai unit penyelenggara pelayanan publik terbaik III kategori sangat baik.

Tak cukup sampai disitu, dalam waktu dekat masyarakat juga akan disuguhkan dengan minuman seperti teh ataupun kopi yang disediakan dipojok bagian belakang kursi tunggu dan bisa dinikmati masyarakat dengan gratis sambil menunggu nomor antrian mereka dipanggil oleh petugas pelayanan. Disebelah kabinet tempat minuman juga terdapat meja panjang untuk menulis bagi masyarakat yang ingin mengisi formulir.

“Harapan kami dengan tampilan baru design front office yang ada pada Disdukcapil, juga memberi semangat serta motivasi bagi petugas front office dalam melayani masyarakat dengan maksimal, dan ini merupakan salah satu upaya kami Dinas Dukcapil dalam mendukung program Pemerintah yaitu program GISA (Gerakan Indonesia Sadar Administrasi kependudukan)” tungkas Kabid Adminduk Anggia Firmaya Sari, SSTP menambahkan. (am)

Tags: , , , , , , , , , ,

%d blogger menyukai ini: