Wako: Rang Solok Baralek Gadang Harus Menjadi Alek Kita Bersama

Wako: Rang Solok Baralek Gadang Harus Menjadi Alek Kita Bersama

Kota Solok, (Info Publik Solok) – Pemerintah Daerah Kota Solok dalam waktu dekat bakal menggelar Iven atau festival Rang Solok Baralek Gadang Tahun 2022. Iven Rang Solok Baralek Gadang Tahun 2022 menampilkan banyak kegiatan seni dan budaya serta pagelaran kegiatan kedaerahan lainya, termasuk ekonomi kreatif, Selasa (31/5).

Rang Solok Baralek Gadang merupakan perhelatan masyarakat Kota Solok dalam mengungkapkan rasa syukur terhadap hasil panen yang melimpah. Event ini bahkan berhasil masuk dalam kalender event Kemenparekraf, Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 dan akan dilangsungkan pada 22-25 September 2022.

Sejumlah kegiatan akan meramaikan Rang Solok Baralek Gadang. Mulai dari Batulak Bala, instalasi jerami dan alang-alang, Bazar kuliner, pameran UMKM, festival Silek dan ragam permainan anak nagari. Selain itu ditutup dengan pawai budaya dan makan baronjin.

Wali Kota Solok, H. Zul Elfian mengatakan, Rang Solok Baralek Gadang bisa menjadi ajang dalam memperkenalkan seni tradisi dan kekayaan budaya Kota Solok. Selain itu, juga menjadi sarana mempromosikan pariwisata.

“Rang Solok Baralek Gadang memang menjadi Alek semua lapisan masyarakat. Masyarakat harus dilibatkan dan membawa dampak positif. Intinya, ini momen kegembiraan bagi seluruh masyarakat Kota Solok, ini yang terpenting,” sampai Wako saat rapat persiapan bersama OPD terkait.

Rang Solok Baralek Gadang tidak terlepas dari upaya merawat nilai-nilai tradisi dan potensi Kota Solok melalui pariwisata dan ekonomi kreatif berbasis pangan. Walaupun berstatus sebagai daerah urban, Kota Solok tetap mempertahankan areal pertanian.

Wako mengingatkan, seluruh panitia dan stakeholder terkait untuk mempersiapkan event dengan matang. Jangan sampai, event membawa citra buruk bagi daerah. Seluruh pihak harus bergerak seirama dalam mendukung persiapan dan menyukseskan acara.

“Harus bergerak bersama. Rang Solok Baralek Gadang harus jadi momentum bagi semua pihak. Masyarakat terlibat, pengunjung atau wisatawan dari luar juga harus nyaman, sehingga meninggalkan kesan baik bagi daerah kita,” tegas Zul Elfian. (sy/eg)

Tags: , , ,