Wako: UMMY Harus Menjadi Universitas Unggul dan Berdaya Saing

Wako: UMMY Harus Menjadi Universitas Unggul dan Berdaya Saing

SOLOK, (Info Publik Solok) – Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar hadiri pelantikan Rektor Universitas Mahaputra Muhammad Yamin (UMMY) Solok periode tahun 2023-2027, di Gedung Kubuang Tigo Baleh, Kamis (19/01).

Ketua Badan Pengurus Yayasan UMMY Solok, Suryadi Asmi secara resmi melantik Rektor UMMY Solok, Prof. Dr. Ir. Syahro Ali Akbar, MP. Selanjutnya, Rektor UMMY Solok juga melantik Dekan Fakultas Pertanian UMMY Solok, Dr. Rica Mega Sari, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Dr. Wahyu Indah Mursalini, Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Internal, Dr. Seflidiana Roza, Kepala Unit Pelaksana Teknis ICT, Yulhan, Kepala Unit Pelaksana Teknis Pusat Bahasa, Riyen Permata serta Pjs. Kasubag Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Dewi Jayagma Ilham.

Rektor Ummy, Prof.Syahro Ali Akbar mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Solok atas segala fasilitas, bantuan dan dorongan serta mengikutsertakan UMMY Solok dalam kegiatan di Kota Solok, terutama bantuan fasilitas bangunan Kampus 2 UMMY Solok di SKB Tembok.

Selanjutnya, ucapan terima kasih kepada Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X, karena telah membina, membimbing dan menolong UMMY Solok. Yang sangat spesial, Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah yang telah disalurkan kepada UMMY Solok.

Adapun rinciannya, Tahun 2019 sebanyak 55 orang, Tahun 2020 sebanyak 306 orang, Tahun 2021 sebanyak 135 orang, dan Tahun 2022 sebanyak 78 orang. Sementara itu beasiswa Uang Kuliah Tunggal (UKT) sebanyak 758 orang.

“Jumlah beasiswa selama 4 Tahun terakhir secara total 47 Persen mahasiswa UMMY menerima beasiswa dengan total anggaran sebesar 11,8 Milyar Rupiah,” papar Prof.Syahro.

Berangsur-angsur UMMY Solok juga menjadi lebih baik. Alhamdulillah Tahun 2022, UMMY Solok berhasil mendapatkan akreditasi Baik Sekali. Ke depan, tugas kita cukup berat. Tahun 2026 – 2027 UMMY Solok sudah harus memiliki Akreditasi Unggul, dan itu harus kita persiapkan dari sekarang, tambahnya.

Ketua Badan Pengurus Yayasan UMMY Solok, Suryadi Asmi mengucapkan terimakasih kepada Prof. Syahro Ali Akbar yang telah banyak membawa perubahan lebih baik UMMY Solok saat periode pertama tahun 2019 sampai 2023.

“Semoga kedepan UMMY Solok selalu berkembang dan mengikuti perkembangan zaman. Dalam periode kedua ini, Rektor UMMY semoga akan semakin membawa kemajuan bagi Universitas kebanggaan masyarakat Solok ini,” harapnya.

Kedepannya, tetap lakukan perbaikan dan peningkatan status kampus kita ini. Lakukan kerjasama dan kolaborasi dengan seluruh instansi terkait.
Pihaknya juga terus mengupayakan UMMY menjadi pusat dalam melayani pendidikan tinggi serta bercita-cita agar UMMY Solok menjadi universitas pilihan masyarakat di Sumbar, Nasional dan bahkan Internasional.

Sementara itu, Wako Solok, Zul Elfian Umar mengucapkan selamat kepada Rektor yang baru dilantik, semoga dapat menjalankan amanah dengan baik. Pemko Solok akan tetap bersama-sama dengan UMMY Solok membawa kemajuan kampus kebanggan ini.

“Dengan persetujuan bersama DPRD, kita akan selalu membantu dan menyediakan fasilitas sarana dan prasarana yang dibutuhkan demi kemajuan UMMY Solok. Hasil itu telah tampak dengan kebersamaan dari rektor dan pengurus yayasan UMMY Solok dalam memajukan universitas ini,” sampai Wako.

Wako juga berpesan, UMMY tidak harus menjadi Universitas negeri namun harus menjadi universitas unggul dan berdaya saing dunia. ” Dengan kebersamaan kita yakin UMMY akan bisa menjadi universitas hebat,” pungkas Wako.

Turut hadir dalam pelantikan itu, Ketua Dewan Pembina Yayasan UMMY Solok, Prof. Fachri Ahmad, Kabag Umum Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X, Rahmi, Forkopimda Kota Solok dan Kabupaten Solok, Ketua LKAAM, KAN, Bundo Kanduang Kota Solok, para kepala OPD serta undangan lainnya. (dd)

Tags: , , ,