Wako Zul Elfian Kunjungi Stand MPIG Bareh Solok di Event Rang Solok Baralek Gadang

Wako Zul Elfian Kunjungi Stand MPIG Bareh Solok di Event Rang Solok Baralek Gadang

Solok, (InfoPublikSolok) – Masih dalam suasana kemeriahan event Rang Solok Baralek Gadang yang dilaksanakan Pemerintahan Kota Solok dari tanggal 22 – 25 September 2022 , Wali Kota Solok Zul Elfian Umar menyempatkan singgah di stand Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG) Bareh Solok, Kamis (22/9).

Dalam penjelasannya kepada Walikota, Ketua MPIG Kota Solok, S. Rizal Dt. Bandaro bahwa brand atau merk Bareh Solok terhitung mulai 08 Oktober 2018 yang lalu telah memiliki Sertifikat Perlindungan Hak Indikasi Geografis bernomor IDG000000070 dari Direktur Jendral Kekayaan Intelektual a.n Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Keberadaan MPIG sendiri juga mendapat dukungan dari Dinas Pertanian Kota Solok, seperti memfasilitasi pelatihan pengurus MPIG, memfasilitasi pertemuan MPIG, bantuan benih padi bersertifikat Anak Daro di Kelurahan Simpang Rumbio dan Aro IV Korong, menyediakan plastik packing beras serta mesin packing.

Dalam kunjungan singkat ini Walikota Solok, merasa bangga karena Beras Solok merupakan salah satu produk pertanian yang dikenal memiliki ciri dan kualitas cita rasa nasi yang khas yaitu agak pera, lembut dan memiliki rasa yang manis, enak dan tidak mudah basi.

Bareh Solok berasal dari dua varietas tanaman padi yang ditanam di areal persawahan di wilayah Kota dan Kabupaten Solok yang karena pengaruh khas lingkungan dengan Gunung Talangnya, menghasilkan ciri dan kualitas rasa yang khas Beras Solok.

Lebih lanjut Wako berharap Kota Solok tetap menjadi kawasan pertanian dan pariwisata dengan terus berinovasi menciptakan terobosan-terobosan sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat melalui sektor pertanian, UMKM dan Pariwisata  karena semua tak lepas dari peran serta masyarakat dan dukungan seluruh stakeholder yang terlibat dalam menyukseskan acara Rang Solok Baralek Gadang kali ini. (Jt)

Tags: