Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

2 Maret 2024

Wako Zul Elfian: Pelaku UMKM Ciptakan Kemasan Produk Sesuai Selera Pasar

Wako Zul Elfian: Pelaku UMKM Ciptakan Kemasan Produk Sesuai Selera Pasar

Solok, (InfoPublikSolok) – Desain kemasan menjadi faktor penting dalam pemasaran sebuah produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Tampilan yang unik dan menarik semakin memperbesar kemungkinan konsumen membeli produk yang ditawarkan.

“Agar bisa bersaing di pasaran, selain mengedepankan mutu dari produk, para pelaku UMKM harus mampu menciptakan desain yang sesuai selera pasar,” ungkap Wali Kota Solok H. Zul Elfian
saat membuka pelatihan design dan packing produk UKM, Senin (30/10) di Hotel Taufina.

Turut hadir, Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperindag dan UMKM Kota Solok Dody Amril serta narasumber Fhadel Trio Putra.

Pelatihan tersebut melibatkan sebanyak 40 orang pelaku UMKM di Kata Solok. Selama pelatihan, mereka akan dibimbing untuk bisa menghasilkan desain dan kemasan sesuai produk yang dihasilkan di masing masing usaha.

Zul Elfian mengharapkan dengan pelatihan tersebut, pelaku UMKM Kota Solok bisa berkrea-si dalam mengembangkan usaha yang dilakoni. la berharap kian banyak produk UMKM Kota Solok yang bisa menembus pasar nasional.

“Ikutilah dengan serius, jangan sampai setengah hati. Ilmu yang didapatkan bukan untuk siapa-siapa namun pasti untuk bapak dan ibu peserta kegiatan ini, jadi manfaatkan peluang ini sebaik mungkin,” pesan Zul Elfian kepada para peserta.

Menurutnya, sektor UMKM menjadi salah satu andalan bagi Kota Solok dalam menggerakkan perekonomian masyarakat dan daerah. Letak Kota Solok yang berada di jalur utama lalu lintas Sumatra harus dimaksimalkan untuk menggerakkan ekonomi.

Di sisi lain, Zul Elfian juga mengingatkan pelaku UMKM untuk memanfaatkan seluruh media yang ada dalam meningkatkan pemasaran produk. Pemasaran jangan hanya bertumpu secara konvensional, tapi juga secara digital.

“Makanya, agar bisa merambah pasar konvensional dan di-gital, perlu desain dan kemasan yang menarik. Ditambah dengan mutu dari produk, akan semakin membuka peluang produk UMKM Kota Solok dilirik oleh konsumen,” tutupnya.

Sementara itu, Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM memfasilitasi pelaku UKM lingkup kota mulai dari akses promosi hingga pemasaran produk UMKM Kota Solok ke pasar yang lebih luas.

“Salah satu yang tengah kita gencarkan, yakni promosi dan pemasaran produk UKM melalui media online, jadi, kita membantu memfasilitasi mereka, sampai dengan perkembangan usaha mereka,”ujar Kadis Perkop UKM Kota Solok Zulferi.

Adapun dari Pemerintah Kota ‘Solok tahun 2023 ini telah membantu dan memfasilitasi produk UMKM melalui Media Sosial dan Aplikasi online seperti e-UMKM Manjua, instagram @ikmkotasolok dan @umkmmanjua.

Tak hanya itu, Pemko Solok juga menyediakan tempat bagi UMKM yang ingin konsultasi seputar pengurusan perizinan, label halal, SNI dan lainnya, serta foto produk untuk menarik perhatian konsumen.

“Ini suatu langkah serius pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha UMKM kita. Semoga ke depannya UMKM kita berkembang dan nantinya menjadi Industri besar dan membuka lapangan.pekerjaan bagi masyarakat sekitar,” jelasnya.

Bisnis belanja online yang akhir-akhir ini sedang menjadi trend, apalagi dalam masa pandemi, bisa menjadi salah satu alternatif penjualan ,maka itu, sedikit banyak para pelaku usaha harus bisa menyesuaikan diri, agar tidak kalah saing dan tergerus perkembangan trend pasar dengan pemasaran secara online atau di E-Commerce.

Menurutnya, saat ini bukan lagi tentang mendorong UMKM untuk memanfaatkan akses digital dalam pemasaran, sebab kebanyakan sudah menggunakan cara tersebut, tapi yang menjadi perhatian yakni bagaimana agar UMKM konsisten dan memiliki terobosan dalam penggunaan media online.

Pihaknya menargetkan bagaimana UMKM di Kota Solok bisa memiliki SDM yang berdaya saing dalam penggunaan media digital, maka tu perlu pelatihan-pelatihan strategis.

Pelatihan desain kemasan produk menghadirkan narasumber, Fhadel Trio Putra, pengusaha muda asal Kota Sawahlunto yang merupakan owner Hikecy, brand produk kerupuk singkong. Fadhel merupakan pemenang pertama Pemuda Pelopor tingkat na-sional tahun 2020 pada bidang pangan. (lk/r)

Tags: , , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan