Wako Zul Elfian Tinjau Progres Pembangunan Stadion Marahadin

Wako Zul Elfian Tinjau Progres Pembangunan Stadion Marahadin

Solok, (InfoPublikSolok) – Proyek pembangunan sarana olahraga Stadion Marahadin yang berlokasi di Kelurahan Laing menjadi salah satu prioritas Pemerintah Kota Solok pada tahun 2022.

Menurut rencana, tahun ini akan dirampungkan pembangunan tribun barat dan lapangan sepakbola dengan sumber dana dari APBD Kota Solok dan APBD Provinsi Sumbar dengan total Rp26 milyar.

“Pemerintah Kota Solok pada tahun 2022 ini akan fokus menyelesaikan pembangunan stadion olahraga. Stadion Marahadin nantinya bakal menjadi venue utama Porprov Sumbar tahun 2025 dan akan mejadi homebase bagi klub sepakbola Kota Solok di ajang Liga Indonesia serta kompetiso sepakbola lokal,” ungkap Wako Solok, H Zul Elfian Umar saat meninjau langsung progres pembangunan Stadion Marahadin, Kamis (28/7).

Percepatan pembangunannya Stadion Marahadin pada tahun 2022 telah dianggarkan dari dana BKK Pemprov Sumbar, sebesar Rp12 miliar dan APBD Kota Solok sebesar Rp14 miliar. Penamaan Stadion Marahadin diambil dari tokoh yang berperan penting dan berjasa besar dalam terbentuk dan berdirinya Kota Solok pada tahun 1970. Awalnya Solok hanya sebuah nagari di Provinsi Sumatera Barat, kemudian oleh Marahadin diperjuangkan dan menjelma menjadi Kota Solok.

Pekerjaan konstruksi stadion telah mulai dikerjakan oleh pemenang tender PT. Mina Fajar Abadi dan berada di bawah pengawasan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Solok, diperkirakan pada akhir tahun 2022 bangunan tribun barat dan lapangan sepakbola telah dapat dirampungkan.

Agar rampung 100%, pembangunan Stadion Marahadin masih diperlukan alokasi anggaran pembangunan Rp48 miliar untuk pembangunan tribun ti­mur, pekerjaan track sintetis, pekerjaan jalan, taman dan parkir serta pekerjaan aliran air dan drainase.

Turut mendampingi Wako dalam kunjungan itu, Kepala Dinas PUPR, Afrizal, Plt. Kepala Dispora, Bujang Putra, Kabag Prokomp, Nurzal Gustim, dan Ketua PSSI Askot Solok, Riano Oskar.

Tags: ,