Wali Kota Solok Hadiri Pembukaan PEDA Tani Ke V Tahun 2019

Wali Kota Solok Hadiri Pembukaan PEDA Tani Ke V Tahun 2019

Padang (infopubliksolok) – Wali Kota Solok, Zul Elfian menghadiri pembukaan Pekan Daerah (PEDA) Tani ke V Tahun 2019 yang berlangsung pada tanggal 7 s/d 9 September 2019 bertempat di Komplek Balai Kota Padang, Aia Pacah.

PEDA Tani Tahun 2019 ini dibuka oleh Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Provinsi Sumatera Barat, Beni Warlis pada tanggal 7 September 2019 dan dihadiri oleh Direktur Buah dan Hortikultura, Liferdi Lukman, Ketua KTNA Pusat, Wali Kota Padang selaku tuan rumah PEDA Tani Tahun 2019 dan Pekan Nasional (PENAS) Tani Tahun 2020, Mahyeldi, Wali Kota Solok, Zul Elfian, Bupati dan Wali Kota se Sumatera Barat, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sumatera Barat serta Kepala Dinas Pertanian se Sumatera Barat.

Dalam sambutan pembukaan, Beni Warlis menyampaikan program sektor pertanian sangat strategis dalam usaha membantu petani yang mayoritas masih mempunyai SDM yang rendah untuk menambah penghasilan dengan mencontohkan Toko Tani dan Desa Mandiri Pangan yang diluncurkan oleh Kementerian Pertanian.

Sementara itu, Liferdi menuturkan bahwa pengembangan Agrowisata sebagai usaha untuk meningkatkan nilai ekonomi sektor pertanian harus memikirkan 3 hal, “Kalau di Bank Indonesia terkenal dengan istilah dilihat, diraba dan diterawang. Begitu juga pada pengembangan Agrowisata, harus menimbang 3 hal yaitu dilihat (keindahan objek), dirasa (kuliner) dan ada sesuatu yang dibawa pulang (oleh-oleh)”.

Direktur Buah dan Hortikultura yang baru dilantik bulan Juli ini juga menyatakan bahwa di saat Kementerian Pertanian mengalami penurunan alokasi anggaran, ternyata dapat meningkatkan kinerja, salah satunya dengan mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sumatera Barat dalam laporan pelaksanaan PEDA Tani Tahun 2019, menyampaikan kesiapannya untuk menyelenggarakan PENAS Tani Tahun 2020. Candra memaparkan kondisi calon penginapan peserta PENAS Tani Tahun 2020 kepada Ketua KTNA Pusat bahwa calon penginapan tersebar di beberapa kecamatan di Kota Padang dan sanggup menampung sekitar 30 ribuan peserta yang datang dari seluruh Indonesia.

Rencananya PEDA Tani ini akan mengagendakan beberapa lomba diantaranya cerdas tangkas, peragaan, asah terampil, temu karya dan mars KTNA. Sementara itu, KTNA Pusat juga melakukan Rembug Utama KTNA yang diantaranya akan membahas pembentukan panitia pelaksana PENAS Tani Tahun 2020. Rembug Utama berlangsung di Hotel Grand Inna Padang.

KTNA Kota Solok juga membuka stand pameran yang menampilkan produk dan kegiatan KTNA Kota Solok seperti produk minyak atsiri, beras, kelapa kerdil dan bunga krisan. Stand ini juga rencananya akan dilombakan. (fa)

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,