Wali Kota Solok Raih Best in Leadership Based on Local Economic Empowerment

Wali Kota Solok Raih Best in Leadership Based on Local Economic Empowerment

Jakarta, (Info Publik Solok) – Wali Kota Solok H. Zul Elfian Umar, SH, M.Si kembali mendapatkan apresiasi oleh MNC Portal Indonesia dalam program Indonesia Visionary Leader MNC Portal Indonesia season 10, Senin (5/9).

MNC Portal Indonesia (MPI) menggelar Malam Inagurasi Indonesia Visionary Leader (IVL) di MNC Conference Hall, iNews Tower, Jakarta malam ini. IVL tahun ini menguji sinergi pemerintah daerah untuk percepatan ekonomi, terutama pasca pandemi Covid-19.

Indonesia Visionary Leader merupakan program rutin yang diselenggarakan MNC Portal Indonesia yang juga untuk menggali upaya daerah dalam merumuskan, mengkomunikasikan, mengimplementasikan, sekaligus membudayakan visi tersebut di wilayah kepemimpinannya

Kali ini, Walikota Solok dinobatkan pada kategori Best in Leadership Based on Local Economic Empowerment (Kepemimpinan Terbaik Berbasis Pemberdayaan Ekonomi Lokal), setelah sebelumnya melalui proses penilaian oleh dewan juri.

Penjurian Indonesia Visionary Leader (IVL) season IX, X, XI telah selesai digelar, Sebanyak 14 kepala daerah memaparkan strategi jitunya dalam mendorong sinergi pemerintah daerah berkontribusi dalam percepatan ekonomi lewat berbagai inovasi mereka.

Dewan Juri menilai pria berusia 60 tahun ini telah berhasil melakukan pengembangan dalam pemberdayaan ekonomi lokal. Sejumlah strategi dan program terus didorong untuk pemulihan ekonomi di daerahnya, Antara lain memacu pengembangan sektor UMKM hingga jasa dan perdagangan.

Inovasi terbaru dari putra daerah ini beserta jajarannya dalam pemberdayaan UMKM di Kota Solok salah satunya adalah memanfaatkan perkembangan teknologi informasi, yaitu dengan melahirkan e-UMKM MANJUA Transformasi digital tersebut tak lain untuk memacu UMKM agar segera bangkit dari dampak pandemi.

Selain itu, program unggulan lain adalah Gaung Masjid (Lembaga Keuangan Syariah Berbasis Masjid) yang diupayakan menjadi solusi pengentasan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan jama’ah, melalui penyaluran pinjaman dengan prinsip syariah yang bertujuan untuk melindungi jama’ah sebagai pelaku usaha tidak meminjam kepada rentenir.

Dewan Juri juga memberikan apresiasi atas keikutsertaan beliau dalam program Indonesia Visionary Leader Season 10. Keberaniannya dalam beradu visi dengan peserta lain dan juga berhadapan dengan Dewan Juri layak diapresiasi melalui pemberian Best in Leadership Based on Local Economic Empowerment.

Wali Kota Solok H. Zul Elfian Umar yang didampingi Kepala Dinas Kominfo, Heppy Dharmawan, SS,M.Si, Kabag Prokom, Nurzal Gustim, SSTP, M.Si dan Kabid IKP Dinas Kominfo Alwa Dudi, ST, MM, turut hadir dalam acara Malam Inagurasi Indonesia Visionary Leader yang bertempat di MNC Conference Hall INEWS Tower Jakarta.

Tampak hadir dalam malam Inagurasi, Ketua DPD RI AA La Nyalla M., Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly, Menteri Pariwisata Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Koperasi Teten Masduki, Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah, Komut MNC Agung Firman Sampurna serta para dewan juri.

Wako selepas menerima langsung anugerah yang diserahkan Komisaris Utama MNC Agung Firman Sampurna, mengucapkan terima kasih atas apresiasi dan kepercayaan dewan juri sehingga dinobatkan sebagai Best In Leadership Based on Local Economic Empowerment. “Terima kasih saya sampaikan atas masukan para dewan juri, tentunya sangat bermanfaat bagi saya dalam mendukung pencapaian visi demi mewujudkan Kota Solok yang Berjuara (Berkah Maju dan Sejahtera). Dan terima kasih juga untuk MCN Portal Indonesia yang telah menggelar ajang yang bergengsi ini,” ungkap Zul Elfian Umar. (dd)

Tags: , , ,