Wali Kota Solok Sampaikan Nota Keuangan dan Ranperda APBD Tahun 2022

Wali Kota Solok Sampaikan Nota Keuangan dan Ranperda APBD Tahun 2022

Solok (InfoPublikSolok) – Wali Kota Solok H. Zul Elfian Umar, menyampaikan Nota Penjelasan Keuangan dan Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD Kota Solok Tahun Anggaran 2022 kepada Anggota DPRD Kota Solok pada Rapat Paripurna DPRD Kota Solok di Ruang Paripurna Sekretariat DPRD Kota Solok, Rabu (10/11/2021).

Pada kesempatan ini Wali Kota Solok menyampaikan, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) adalah rencana keuangan tahunan Pemerintah Daerah yang dibahas dan disetujui bersama oleh Pemerintah Daerah dan DPRD, dan selanjutnya ditetapkan dengan Peraturan Daerah.

Penyusunan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kota Solok Tahun Anggaran 2022 ini telah berpedoman kepada ketentuan yang berlaku, kebutuhan anggaran serta menyesuaikan dengan kondisi keberlanjutan pelaksanaan pembangunan daerah.

Penyusunan RAPBD Tahun Anggaran 2022 ini juga didasarkan pada usulan dari masyarakat Kota Solok, melalui pelaksanaan musrenbang mulai dari tingkat Kelurahan, Kecamatan dan Tingkat Kota.

Selain itu, juga mengacu pada Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara Tahun 2022 yang telah terlebih dahulu disepakati antara Pemerintah Kota Solok dengan DPRD Kota Solok yaitu pada tanggal 01 September 2021 yang lalu.

Selanjutnya Wali Kota Solok mengatakan Pengalokasian anggaran belanja diutamakan untuk membiayai prioritas pembangunan daerah sebagaimana tertuang dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022, yaitu Pembangunan mental masyarakat dengan pengamalan agama dalam kehidupan bermasyarakat, penataan kawasan pasar, pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah, pengembangan potensi unggulan daerah, Peningkatan pembangunan SDM dan pelayanan dasar, optimalisasi dan penataan ruang dan penyedian infrastruktur Kota berwawasan lingkungan dan peningkatan tata kelola Pemerintahan yang baik dan bersih.

“Agar pelaksanaan APBD Kota Solok dapat berjalan lebih efektif dan efisien, Kami juga mengharapkan pemantauan dan pengawasan dari seluruh komponen masyarakat melalui wakil-wakilnya di lembaga DPRD yang terhormat ini,” kata Wali Kota Solok.

Wali Kota Solok menyampaikan pokok-pokok materi Nota Keuangan dan Ranperda tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Solok Tahun Anggaran 2022, sebagai berikut, total Pendapatan Daerah Tahun 2022 ditargetkan sebesar Rp535.988.740.371,00, yang bersumber dari Pendapatan Asli Daerah yang ditarget sebesar Rp.45.655.665.666,00 yang terdiri dari Pajak Daerah sebesar Rp12.216.940.526,00, Retribusi Daerah sebesar Rp9.762.995.679,00, Hasil Pengelolaan Kekayaan Daerah yang Dipisahkan sebesar Rp13.734.030.726,00 dan Lain-lain PAD yang Sah sebesar Rp9.941.698.735,00.

Kemudian total Belanja Daerah tahun 2022 direncanakan sebesar Rp745.374.238.311,00, yang terdiri dari, Belanja Operasi, dianggarkan sebesar Rp548.966.464.490,00 dengan proporsi terhadap belanja daerah sebesar 73,65%. Belanja operasi merupakan pengeluaran anggaran untuk kegiatan sehari-hari Pemerintah Daerah yang memberi manfaat jangka pendek. Belanja operasi terdiri dari Belanja Pegawai, Belanja Barang dan Jasa, Belanja Bunga, Belanja Hibah, dan Belanja Bantuan Sosial.

Sedangkan Belanja Modal, dianggarkan sebesar Rp187.407.773.821,00 dengan proporsi terhadap Belanja Daerah sebesar 25,14%. Belanja modal merupakan pengeluaran anggaran untuk perolehan asset tetap dan asset lainnya yang memberi masa manfaat lebih dari 1 tahun. Belanja modal terdiri dari Belanja Modal Tanah, Belanja Modal Peralatan dan Mesin, Belanja Modal Gedung dan Bangunan, Belanja Modal Jalan, Jaringan dan Irigasi dan Belanja Modal Aset Tetap Lainnya.

Untuk Belanja Tidak Terduga, dianggarkan sebesar Rp6.000.000.000,00 dengan proporsi terhadap belanja daerah sebesar 0,80%. Belanja Tidak Terduga dialokasikan untuk keperluan darurat termasuk keperluan mendesak yang tidak dapat diprediksi sebelumnya. Sedangkan untuk Belanja Transfer, dianggarkan sebesar Rp3.000.000.000,00 dalam bentuk Belanja Bantuan Keuangan Khusus. Bantuan Keuangan Khusus ini dialokasikan untuk mendukung operasional pendidikan menengah atas yang ada di Kota Solok.

Dikesempatan ini Wali Kota Solok menyerahkan Nota Keuangan dan Rancangan Peraturan Daerah Tentang APBD Kota Solok Tahun Anggaran 2022 kepada Ketua DPRD Kota Solok, Hj. Nurnisma, SH didampingi Wakil Ketua, Bayu Kharisma disaksikan oleh seluruh anggota DPRD Kota Solok, Forkompimda, Asisten, Staf Ahli, OPD dan tamu undangan lainnya.

Ketua DPRD Kota Solok, Hj. Nurnisma, SH menyampaikan, penyusunan APBD merupakan salah satu agenda rutin Daerah sebagai bagian dari tahapan sistem pengelolaan keuangan, dalam rangka terlaksananya peñatausahaan keuangan Daerah secara optimal, transparan dan akuntabel serta disusun berdasarkan ketentuan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, Pasal 104 menyatakan bahwa Kepala Daerah wajib mengajukan Rancangan Perda tentang APBD disertai penjelasan dan dokumen pendukung kepada DPRD paling lambat 60 (enam puluh) hari sebelum 1 (satu) bulan tahun anggaran berakhir untuk memperoleh persetujuan bersama antara Kepala Daerah dan DPRD.

Selanjutnya sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2022, dalam proses penyusunan APBD, Kepala Daerah dibantu oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah dan terdiri atas pejabat perencana daerah, Pejabat Pengelola Keuangan Daerah, dan pejabat lain sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Persetujuan bersama DPRD dan Kepala Daerah paling lambat 1 (satu) bulan sebelum dimulainya tahun anggaran berkenaan,” ujar Nurnisma. (wh)

Tags: , , ,