Walikota Buka Secara Resmi Minangkabau Cup II 2019

Walikota Buka Secara Resmi Minangkabau Cup II 2019

Solok, (InfoPublikSolok) – Walikota Solok, Zul Elfian, buka secara resmi turnamen sepakbola Minangkabau Cup II  tingkat kota Solok yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Solok melalui Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Solok bekerjasama dengan Askot PSSI Solok bertempat di Lapangan Merdeka Kota Solok, Sabtu (26/01/2019). Kejuaraan bergengsi timgkat Sumatera Barat ini sangat dinatikan dalam rangka menjaring bibit unggul yang bisa dibina oleh Pemerintah Kota Solok melalui Dispora.

Minangkabau Cup II 2019 penyisihan tingkat kota Solok ini berlangsung pada tanggal 26 dan 28 Januari 2019. Nantinya Kecamatan pemenang akan mewakili Kota Solok bersaing di babak 32 besar.

Minangkabau Cup merupakan turnamen yang mempertemukan tim sepakbola Kecamatan terbaik di seluruh kabupaten/kota yang ada di Sumatera Barat,  Turnamen ini berlangsung selama empat bulan mulai tanggal 15 Desember hingga partai puncak pada tanggal 23 Maret 2019. diikuti sekitar 160 tim dari 19 kota dan kabupaten di Sumatera Barat. Mereka akan bersaing di daerah masing-masing untuk memperebutkan kesempatan mewakili kota dan kabupaten asal mereka di babak 32 besar yang akan digelar di delapan kota, sementara untuk babak 16 besar digelar di empat kota, sedangkan untuk babak delapan besar digelar di dua kota di Sumbar. Kemudian untuk partai semifinal dan final akan digelar di Kota Padang.

Babak penyisihan tingkat kota Solok diikuti oleh dua kecamatan yang ada di Kota Solok, yaitu Kecamatan Lubuk Sikarah dan Kecamatan Tanjung Harapan. Pertandingan dilakukan dalam format kandang-tandang. Dimana pertandingan leg pertama Kecamatan Lubuk Sikarah terlebih dahulu bertindak sebagai tuan rumah. Kedua pertandingan dihelat di lapangan Merdeka Kota Solok.

Pembukaan Minangkabau Cup zona Kota Solok ini juga turut dihadiri oleh Wakil Walikota Solok, Reinier, Kapolres Solok Kota, Dony Setiawan, Dandim 0309/Solok, Priyo Iswahyudi.

Menariknya, sebelum laga leg pertama dimulai diadakan pertandingan eksebisi antara tim Pemko Solok melawan tim Gabungan TNI dan POLRI, dimana Wakil Walikota dan Kapolres serta Dandim 0309 juga ikut bertanding.

“Kami berharap dengan adanya Sepakbola Minangkabau Cup II 2019 ini dapat menghasilkan permainan yang berkualitas dan sportif. Kita tahu cabang sepakbola merupakan olahraga yang sangat digemari seluruh lapisan masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga dalam rangka bentuk perhatian yang diberikan oleh Pemko kepada masyarakat pecandu sepakbola dengan menyuguhkan tontonan yang menarik,” kata Walikota Solok, Zul Elfian dalam sambutannya jelang dilakukan sepak mula.

“Saya tekankan lagi kepada peserta untuk bertanding secara sportif, hormati wasit dan jagalah persaudaraan,” tambah Walikota.

Drs. Dodi Osmond, M.Si selaku Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga disela pertandingan menegaskan turnamen ini diselenggarakan untuk meningkatkan kompetisi dan jam pemain sepakbola di Sumatera Barat. “Kita patut bersyukur karena kegiatan ini mendapat respon yang luar biasa dari masyarakat,” sebut Kadispora.

Sementara itu, hasil pertandingan leg pertama antara Kecamatan Lubuk Sikarah melawan Kecamatan Tanjung Harapan berkesudahan dengan skor 2-2. Dimana pencetak gol dari Kecamatan Lubuk Sikarah disumbangkan oleh M. Robi Syaputra dan Ilham Budi, sedangkan dari Kecamatan Tanjung Harapan dua gol balasan dicetak oleh Nofi Valdi dan Aidil Usman Diarra.

Aidil Usman Diarra merupakan pemain masa depan Kota Solok yang juga memiliki darah keturunan Mali. Aidil saat ini juga tercatat sebagai pemain klub Persik Kediri yang mana pada tahun lalu berhasil keluar sebagai juara Liga 3 Nasional.

Menarik ditunggu pertandingan leg kedua pada Senin (28/1) sore mulai pukul 16.00 wib. Laga diprediksi akan berjalan sengit sebagai penetuan kecamatan yang akan mewakili kota Solok babak 32 besar. (ep)

Tags: , , , ,