Walikota : Ingin Ibadah Haji Lancar, Siapkan Fisik yang Prima

Walikota : Ingin Ibadah Haji Lancar, Siapkan Fisik yang Prima

Solok, (InfoPublikSolok) – Walikota Solok, Zul Elfian didampingi Pelaksana tugas Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Solok, Afrizen, dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok, Ambun Kadri, menghadiri kegiatan pengukuran kebugaran kepada Calon Jamaah Haji (CJH) Tahun 2019, yang bertempat di Lapangan Merdeka, Selasa (02/04/2019).

Tes kebugaran CJH adalah program nasional yang dilaksanakan di daerah, dalam hal ini Kementerian Agama Kota Solok melalui Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Solok.

Walikota Solok Zul Elfian turut menyaksikan kegiatan tersebut, memberikan motivasi kepada para CJH. Wako mengatakan para CJH dapat menunaikan ibadahnya sesuai dengan ketentuan ajaran agama Islam, melalui sistem dan manajemen yang terpadu agar pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan aman, tertib, lancar dan nyaman.

“Agar ibadah lancar nantinya, jamaah harus siap fisik dan mental, kapan perlu satu kali seminggu calon jamaah haji rutin melakukan pemeriksaan perkembangan kesehatan, disamping rutin melakukan olahraga,” saran Wako kepada 93 orang CJH yang hadir.

Sementara itu, Kepala Kemenag, Afrizen mengatakan, tes Kebugaran terhadap CJH diawali dengan pemeriksaan kesehatan, wawancara kemudian menjalani olahraga dengan berjalan kaki sesuai dengan kemampuan para CJH.

“Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan agar jamaah harus sehat lahir dan batin, karena melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci diutamakan fisik yang kuat, sehat dan bugar serta mental dan rohani yang baik,” kata Afrizen.

Afrizen menambahkan, faktor internal dan eksternal Jamaah haji mempengaruhi angka yang sakit dan angka kematian Jamaah haji nantinya di Tanah Suci. Faktor internal antara lain tingkat kebugaran jasmani yang masih kurang dan sudah menderita penyakit sejak dari Tanah Air.

“Oleh karena itu, kegiatan ini akan memberikan gambaran bagi petugas kesehatan sebagai institusi pelayanan kesehatan jamaah haji untuk meningkatkan kemampuan kebugaran jasmani bagi CJH kelak,” kata Afrizen. (hd)

Tags: , , , ,