Walikota Sampaikan Nota Ranperda RPJMD Kota Solok Tahun 2021-2026

Walikota Sampaikan Nota Ranperda RPJMD Kota Solok Tahun 2021-2026

Solok, (InfoPublikSolok) – Walikota Solok menyampaikan Nota Penjelasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Solok Tahun 2021-2026 pada Rapat Paripurna DPRD Kota Solok, Selasa (03/8/2021).

Rapat Paripurna tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Solok, Hj. Nurnisma, SH, didampingi Wakil Ketua, Bayu Kharisma dan Efriyon Coneng beserta Anggota DPRD lainnya. Pada kesempatan itu, Wakil Walikota, Ramadhani Kirana Putra hadir didampingi Sekretaris Daerah dan beberapa Oranisasi Perangkat Daerah Kota Solok.

Wakil Walikota Solok, Ramadhani Kirana Putra mewakili Walikota mengatakan, nota penjelasan terhadap Ranperda RPJMD Kota Solok Tahun 2021-2026 sesuai dengan hasil kesepakatan Badan Musyawarah DPRD Kota Solok.

“Rancangan Akhir RPJMD ini telah melalui suatu proses yang panjang mulai dari Konsultasi Publik, Kesepakatan Rancangan Awal dengan DPRD, konsultasi dengan Provinsi Sumatera Barat, Musrenbang RPJMD, dan sinkronisasi dan harmonisasi dengan Kemenkumham Kanwil Sumatera Barat,” kata Ramadhani di ruang Sidang DPRD Kota Solok.

“Demikian pula materi yang tercantum dalam dokumen ini telah disesuaikan dengan arahan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Perda tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) dan RPJMD, serta Tata Cara Perubahan RPJPD, RPJMD, dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD),” lanjutnya.

Wawako meneruskan, penyusunan RPJMD ini juga telah memperhatikan dokumen perencanaan lainnya baik di lingkup Kota Solok sendiri berupa RPJPD dan RTRW, maupun keterkaitannya dengan daerah sekitarnya serta provinsi dan nasional.

“RPJMD ini akan diacu oleh Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Solok untuk menyempurnakan draft Rencana Strategis (Renstra) Perangkat Daerah,” imbuhnya.

Secara hakikatnya, Wawako menjabarkan, dokumen Rancangan Akhir RPJMD Kota Solok Tahun 2021-2026, bermula dari identifikasi permasalahan pembangunan dan perumusan isu-isu strategis, dirumuskan visi dan misi pemerintah Kota Solok untuk dicapai lima tahun ke depan.

Isu-isu strategis Kota Solok diidentifikasi berdasarkan permasalahan serta tantangan dan peluang dengan memperhatikan dan antisipasi isu-isu strategis pembangunan nasional dan provinsi serta dinamika perkembangan global yang sangat cepat, seperti berbagai kondisi yang berkembang termasuk perkembangan penanganan Covid-19.

Beranjak dari hal tersebut, maka disusun visi RPJMD Kota Solok Tahun 2021-2026, yaitu: Terwujudnya Kota Solok yang diberkahi, maju dan sejahtera melalui pengembangan sektor perdagangan dan jasa yang modern.

Selanjutnya untuk melaksanakan misi tersebut, maka ditetapkanlah 5 tujuan, 14 sasaran, 50 strategi, 124 arah kebijakan pembangunan yang akan diimplementasikan melalui 64 program prioritas yang akan dilaksanakan oleh OPD Kota Solok, yang secara rinci sebagaimana dimaksud dalam dokumen rancangan akhir RPJMD.

“Dalam rangka pencapaian visi dan misi Kota Solok tahun 2021-2026 tersebut, maka prioritas pembangunan dititik-beratkan untuk tetap melanjutkan program yang belum sepenuhnya dapat dilaksanakan dan dicapai pada tahun 2016-2021 serta disinkronkan dengan prioritas pembangunan nasional yang tertuang dalam RPJM Nasional tahun 2020-2024 dan memperhatikan arah kebijakan RPJPD Provinsi Sumatera Barat Tahun 2005-2025,” pungkas Ramadhani.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Solok Hj. Nurnisma dalam sambutannya menyampaikan, RPJMD merupakan penjabaran dari visi, misi, dan program Kepala Daerah yang memuat tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, pembangunan daerah dan keuangan daerah, serta program perangkat daerah dan lintas perangkat daerah yang disertai dengan kerangka pendanaan bersifat indikatif untuk jangka waktu lima tahun yang disusun dengan berpedoman pada RPJPN, RTRW dan RPJMN

Setelah dilaksanakan serah terima Nota Penjelasan RPJMD tahun 2021-2026 dari Walikota Solok kepada unsur pimpinan DPRD Kota Solok secara simbolis, Ketua DPRD menyampaikan, tahapan berikutnya rapat paripurna pandangan umum fraksi akan diadakan pada tanggal 4 Agustus 2021.

“Besok, akan kita adakan rapat paripurna terkait penyampaian pandangan umum fraksi-fraksi terhadap Nota Penjelasan Walikota tentang Ranperda RPJMD Kota Solok Tahun 2021-2026,” tutup Ketua DPRD. (wh/re)

Tags: , , , , , , , ,