Walikota Solok Launching Aplikasi E-Government Sekaligus Peresmian Ruangan E-Gov Monitoring Room (EMR)

Walikota Solok Launching Aplikasi E-Government Sekaligus Peresmian Ruangan E-Gov Monitoring Room (EMR)

Solok, (InfoPublikSolok) – Walikota Solok Zul Elfian melaunching Aplikasi-Aplikasi e-Government sekaligus Peresmian e-Gov Monitoring Room (EMR) di ruang lantai II Balaikota Solok, Rabu (21/02/18).

Kegiatan yang ditandai dengan pengguntingan pita oleh Ketua DPRD yang diwakili Ketua Komisi III dan didampingi Walikota Solok serta unsur Forkompinda. Selanjutnya peserta juga menyaksikan simulasi aplikasi e-Government dalam ruangan EMR. Walikota dan  Forkompinda, Sekda Rusdianto, Asisten dan staf ahli, Ketua LKAAM, Ketua PKK, Ketua GOW dan Kepala OPD serta undangan lainnya melihat secara langsung demo Aplikasi yang telah dikembangkan oleh Diskominfo Kota Solok.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Zulfadli,SH,M.Si dalam laporannya mengatakan, “Sebagai Dinas yang dipercaya mengelola bidang Informasi dan teknologi, berusaha untuk meningkatkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi di Kota Solok, hal itu untuk meningkatkan kualitas layanan sebagai salah satu realisasai dari Tata kelola pemerintahan yang baik.

Untuk mencapai hal itu kata Zulfadli Dinas Kominfo telah membangun ruangan Media Center, sebagai cikal bakal Command Center” atau ”IT Center” Pemerintah Kota Solok dengan beberapa fasilitas Teknologi Informasi yang dinamakan E-Gov Monitoring Room (EMR). Disamping itu juga telah dibangun beberapa aplikasi untuk mempermudah kinerja sesuai dengan tuntutan global saat ini.

Saat ini tinggal lagi bagaimana setiap OPD dapat memanfaatkannnya serta dukungan semua pihak agar perkembangan teknologi dapat bermanfaat di Kota Solok, harap Kadis Kominfo.

Sementara Walikota Zul Elfian sambutannya mengatakan, dengan diresmikannya E.Gov Monitoring Room dan aplikasi di Kota Solok berarti sudah maju selangkah dalam dunia IT terutama dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Penyelenggara e- Government sesuai Instruksi Presiden sudah harus terlaksana di setiap Pemerintah Daerah untuk penyelenggaraan pemerintahan yang berbasis elektronik.

Selanjutnya Walikota mengakui Sistem komunikasi yang berbasis teknologi akan dapat mendukung operasi dan menajemen setiap OPD, juga akan memberikan kemudahan dan kecepatan akses  dalam setiap pekerjaan terutama dalam upaya membangun hubungan yang harmonis antara masyarakat dan pemerintah daerah disamping sebagai sarana pelindung bagi penyelenggara layanan publik.

Aplikasi-aplikasi yang telah dibangun Dinas Kominfo kata Zul Elfian merupakan titik awal dari pengembangan e-Government. Kepada OPD untuk dapat memulai perubahan dengan mengaplikasikan sistem yang sudah dibangun selain itu juga sudah memulai pelaksanaan Smart City di Kota Solok, ini dilaksanakan guna terwujudnya Kota Solok menuju “Smart City” yang dan menciptakan masyarakat cerdas, lingkungan cerdas dan pemerintahan yang cerdas.

Dengan banyak Inovasi yang dikembangkan Dinas Kominfo kata Zul Elfian lagi seluruh OPD agar dapat bersinergi dan memulai perubahan ke arah yang lebih baik menuju tata kelola pemerintahan yang baik. (eg).

Tags: , , , ,