Walikota Solok Paparkan Pengelolaan LAPOR! PEMKO SOLOK

Walikota Solok Paparkan Pengelolaan LAPOR! PEMKO SOLOK

Jakarta, (InfoPublikSolok) – Perbaikan layanan publik dan penciptaan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih, merupakan sasaran yang hendak dicapai melalui implementasi Aplikasi LAPOR! PEMKO SOLOK, disampaikan Walikota Solok Zul Elfian di hadapan Tim, dalam penilaian lanjutan Kompetisi SP4N LAPOR! Tahun 2019 di Hotel Aryaduta Suites, Semanggi, Jakarta Selatan, Kamis (28/11).

Walikota Solok yang didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Solok, Zulfadli, dan Kasi Pengelolaan Opini dan Aspirasi Publik, Dedy Masry, memaparkan tentang pengelolaan aplikasi LAPOR! PEMKO SOLOK. Hadir dalam kesempatan tersebut Asisten Deputi Pengelolaan Sistem Informasi Pelayanan Publik Kementerian PANRB, M. Imanuddin.

Tim Penilai Kompetisi SP4N-LAPOR! tahun 2019 dipimpin langsung oleh Mantan Menteri PAN RB, yang juga Tokoh Masyarakat, Dr. Ir. H. Azwar Abu Bakar, General Manager Berita Satu TV, Adi Prasteya, Pengamat Pelayanan Publik, Ombudsman RI, Dadan Supardjo Suharma Wijaya, Sosiolog dari Universitas Indonesia, Meuthia Ganie Rachman, dan Ketua Bidang Pengaduan dan Hukum Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia, Sularsi, serta Direktur Program dan Produksi iNews, Sulaeman Sakib.

Tahun ini Kota Solok kembali masuk sebagai TOP 40 pengelolaan pengaduan terbaik nasional, yang terdiri dari 30 Instansi Pemerintah (IP) dan 10 Unit Pelayanan Publik (UPP). Dalam penilaian lanjutan Kompetisi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!) yang di gelar oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. Kota Solok menjadi satu satunya Kota di Pulau Sumatera yang masuk ke dalam TOP 40 Kompetisi SP4N LAPOR! Tahun 2019.

Permerintah Kota Solok berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat, dimana aparatur negara merupakan pelayanan masyarakat. “Sudah sepatutnya kita memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” tegas Zul Elfian.

“Dengan adanya aplikasi LAPOR! PEMKO SOLOK, diharapkan partisipasi mayarakat dapat semakin meningkat mulai dari tahapan perencanaan, pelaksanaan maupun pengawasan dalam proses pelaksanaan pembangunan guna terwujudkan Kota Solok, Menjadi Kota Beras Serambi Madinah yang Lebih Baik,” harap Wako.

Kadis Kominfo Kota Solok menambahkan “Saat ini aplikasi LAPOR! PEMKO SOLOK telah terhubung dengan seluruh OPD, Kelurahan, Puskesmas dan PDAM Kota Solok. Masyarakat dapat menyampaikan keluhan permasalahan layanan publik melalui kanal aduan yang disediakan aplikasi LAPOR! PEMKO SOLOK,” terang Zulfadli.

Laporan terkait pelayanan publik dapat disampaikan ke kanal aduan LAPOR! PEMKO SOLOK melalui website http://solokkota.lapor.go.id, aplikasi android SP4N LAPOR! (Download Playstore), Kirim Pesan ke FB @LAPOR PEMKO SOLOK, Twitter @LAPOR1708 dengan menyertakan #LAPOR, email ke lapor@solokkota.go.id, dapat juga dengan mengirimkan SMS ke 1708 format KOTASOLOK<spasi>Aduan. Sampaikan laporan secara jelas dan lengkap, tempat dan waktu kejadian sertakan foto, video atau dokumen sebagai data pendukung laporan.

Setelah melewati rangkaian tahapan penilaian Kompetisi SP4N-LAPOR! Tahun 2019 ini, mulai dari tahapan penilaian mandiri, evaluasi dokumen, wawancara dan observasi lapangan yang dilakukan oleh Tim Penilai, semoga Kota Solok bisa masuk dalam TOP 12 pengelola pengaduan terbaik di tahun 2019 ini. (eg)

Tags: , , , , , , , ,