Walikota Solok : Peranan Ormas Selaku Mitra Pemerintah Daerah Cukup Strategis

Walikota Solok : Peranan Ormas Selaku Mitra Pemerintah Daerah Cukup Strategis

Solok – Walikota Solok, H. Zul Elfian Umar, SH, M.Si membuka secara resmi kegiatan sosialisasi penataan organisasi masyarakat (Ormas) dan paguyuban se-Kota Solok yang dilaksanakan pada hari Kamis (10/3/2022) bertempat di Aula Kantor Kesbangpol Kota Solok.

Dalam sambutanya Walikota Solok menyampaikan bahwa peranan organisasi masyarakat sangat krusial bagi keberlangsungan pembangunan di Kota Solok demi terwujudnya Kota Solok yang diberkahi, maju, dan sejahtera.

Dalam laporan pelaksanaan kegiatan Kepala Kantor Kesbangpol Kota Solok Hendrizal, SH, MM menyampaikan sosialisasi kali ini diikuti oleh 30 Ormas dan paguyuban se-Kota Solok dengan maksud dan tujuan untuk memberdayakan masyarakat melalui organisasi kemasyarakatan, kemudian juga dalam rangka meningkatkan partisipasi dan pemberdayaan sosial budaya masyarakat demi terwujudnya pengembangan kelembagaan organisasi kemasyarakatan dan Kemandirian masyarakat yang parsitipatif.

“Melalui kegiatan ini diharapkan agar seluruh organisasi kemasyarakatan yang ada di Kota Solok dapat mengetahui semua persyaratan, mekanisme, dan prosedur pendaftaran maupun perpanjangan Surat Keterangan Terdaftar (SKT). kemudian agar tersedianya database organisasi kemasyarakatan yang ada di Kota Solok serta guna ikut memberdayakan potensi organisasi kemasyarakatan yang ada,” ujar Hendrizal.

Di samping itu, Kepala Kantor Kesbangpol Kota Solok juga menyampaikan bahwa Organisasi Kemasyarakatan merupakan salah satu mitra pemerintah daerah dalam menunjang kelancaran pelaksanaan pembangunan, hal ini selaras dengan visi-misi, dan Program Kepalan Daerah.

“Khususnya pada misi pertama yakni membangun masyarakat yang berkepribadian religius dan berbudaya melalui penguatan keimanan dan ketaqwaan serta pengembangan nilai-nilai budaya,” jelasnya.

Bertindak selaku narasumber kegiatan adalah Wali Kota Solok dengan materi peranan Ormas selaku mitra pemerintah daerah dan dilanjutkan dengan materi oleh Kepala BKD Kota Solok dengan materi prosedur dan Pertanggungjawaban bantuan dana hibah bagi organisasi masyarakat/ paguyuban.

Pada sesi akhir diisi oleh narasumber dari Badan Kesbangpol Provinsi Sumatera Barat dengan materi peranan Ormas bagi Masyarakat, Bangsa dan Negara. Kegiatan sosialisasi ditutup dengan sesi tanya jawab yang diikuti dengan antusias oleh seluruh peserta. (FH)

Tags: , , , , , ,