Warga Aro IV Korong Goro Bersama Bersihkan Sungai Batang Lembang

Warga Aro IV Korong Goro Bersama Bersihkan Sungai Batang Lembang

Solok, (InfoPublikSolok) – Puluhan warga serta organisasi kemasyarakatan di Kelurahan Aro IV Korong mengadakan kegiatan sosial gotong royong (Goro) bersama pembersihan aliran sungai Batang Lembang, Rabu (22/9/2021).

Organiasi kemasyarakatan yang turut terlibat dalam goro bersama yang dipimpin langsung Lurah Aro IV Korong ini antara lain melibatkan RT, RW, Linmas, LPMK, unsur kepemudaan, Karang Taruna serta dibantu oleh personil BPBD Kota Solok yang juga malaksanakan kegiatan susur sungai Batang Lembang.

Lurah Aro IV Korong, Sriyanur Nuras menyampaikan kegiatan Goro bersama ini merupakan kegiatan pembersihan sungai Batang Lembang, yang salah satunya melintasi kelurahan Aro IV Korong yang rawan akan bencana banjir jika curah hujan tinggi di hulu sungai. Goro kali ini kami mengambil tema mewujudkan satu hati kebersamaan semua organisasi dalam rangka pembersihan aliran Batang Lembang.

“Kami berharap dengan kegiatan ini dapat mengurangi risiko banjir dan kita harus selalu siaga untuk menjaga sungai terutama dari kebersihan sampah maupun pohon kayu tumbang yang masuk dalam sungai sehingga nantinya akan memperlambat aliran air,” kata Lurah Aro IV Korong.

Tercatat, selama tahun 2021 ini pernah terjadi bencana banjir besar sebanyak satu kali yang juga merendam sebahagian rumah penduduk di sepanjang aliran sungai Batang Lembang pada tanggal 12 Januari 2021 lalu.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, mudah-mudahan musibah yang disebabkan meluapnya air sungai tidak terjadi lagi karena adanya semangat kegotong-royongan warga masyarakat untuk membersihkan aliran sungai dari berbagai material yang bisa menghambat aliran air sungai,” ucap Lurah Aro IV Korong.

Istimewanya, kegiatan Goro bersama ini juga turut dihadiri Ketua DPRD Kota Solok, Hj. Nurnisma, SH yang menyempatkan hadir bersama warga Aro IV Korong di sela-sela kesibukannya dalam memimpin lembaga legislatif.

Ketua DPRD menyampaikan terima kasih yang kepada seluruh lapisan warga masyarakat dan lurah beserta jajaran yang dapat hadir dalam kegiatan gotong royong. Hj. Nurnisma mengamanatkan untuk terus membiasakan gotong royong, sebab melalui kegiatan gotong royong tentunya dapat meringankan beban pekerjaan, menumbuhkan sikap sukarela, membina hubungan yang baik dengan warga dan meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan lingkungan.

Lebih lanjut Ketua DPRD juga mengajak kepada warga agar kegiatan gotong-royong tersebut dapat dilaksanakan secara rutin dan berkala. “Gotong-royong adalah kebiasaan yang diwariskan oleh leluhur kita. Kegiatan Goro bersama yang dilaksanakan penting untuk dilakukan, hal ini sebagai upaya antisipasi pengendalian banjir dan sebagainya,” pungkas Hj. Nurnisma. (wh)

Tags: , , , ,