Warga Kelurahan Tanah Garam Terima Bantuan Covid-19 Tahap 3

Warga Kelurahan Tanah Garam Terima Bantuan Covid-19 Tahap 3

Solok, (InfoPublikSolok) – Warga Kelurahan Tanah Garam yang terkena dampak Covid-19 menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari dana APBD Kota Solok pada Kamis (25/06/2020). Bantuan ini diberikan petugas kepada warga yang memiliki sticker berwarna kuning di rumahnya.

Sebelum pembagian dilaksanakan, tim pemberi bantuan menerima arahan di Aula Kantor Lurah Tanah Garam. Acara ini dihadiri oleh, Kepala Dinas Sosial Zulfadli, Lurah Tanah Garam Asril, Ketua Bhabinkamtibmas Edoardo, Perangkat Kelurahan Tanah Garam, Petugas Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), seluruh Ketua RT dan RW, Linmas Tanah Garam dan Mahasiswa/mahasiswi yang melakukan KKN di daerah Kota Solok  yang berasal dari UNDRI, IAIN Bukittinggi dan UNAND.

Pendistribusian bantuan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Sosial, Zulfadli, yang pada kesempatan tersebut menyampaikan “Pendistribusian Bantuan Langsung Tunai tahap 3 diberikan  kepada 1635 KK di Kelurahan  Tanah Garam dan dilaksanakan selama  5 hari sampai hari senin,” sampai Zulfadli.

Proses pembagian sama halnya seperti pembagian sebelumnya, bantuan akan diantarkan langsung oleh tim dari kelurahan dan Dinas Sosial. Petugas akan menyebar dengan mengantongi data warga yang akan menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) berupa uang tunai senilai enam ratus ribu rupiah per penerima.

Agar proses pembagian bantuan ini terselenggara dengan baik, pihak Kelurahan juga berkoordinasi dengan Dinas Sosial di damping oleh linmas dan serta dengan melibatkan mahasiswa KKN. “Pemberian bantuan pada tahap ini harus didampingi oleh masing-masing RT/RW. Kalau tidak ada RT/RW bantuan langsung tunai di pending, yang menerima bantuan harus sesuai nama yang tertera di data petugas, harus mencantumkan nomor hp penerima bantuan, dan di dokumentasikan” pesan Kadis Sosial Zulfadli kepada petugas pendistribusian BLT.

Pada kesempatan tersebut Lurah Tanah Garam Asril menyampaikan pesan kepada petugas pembagian bantuan langsung tunai harus mengikuti protokol penanganan pandemi Covid-19, harus memakai masker dan menjaga jarak. Kepada RT dan RW untuk mengumumkan bagi warga yang mempunyai KK Kota Solok tetapi tinggal di luar Kota Solok harus mengisi formulir yang ditanda tangani oleh jorong setempat sementara itu bagi yang berdomisili di Kota Solok tetapi yang mempunyai KK diluar Kota solok harus mengisi formulir yang ditanda tangani oleh RT dan Lurah setempat,”Ujar Asril.

Setelah mendapat arahan, tim satgas yang dipimpin oleh Lurah Tanah Garam langsung membagi tim untuk bertugas dan langsung bergerak ke lokasi. Warga yang menerima bantuan juga harus menyediakan KK asli dan fotokopi KK sesuai intruksi dari ketua RT. Semoga bantuan ini tepat sasaran dan bisa meringankan beban masyarakat pada saat pandemi ini. (rh)

Tags: , , , , ,